Wali Kota Minta Disnaker Malang Tekan Angka Pengangguran

    Daviq Umar Al Faruq - 22 Februari 2021 20:19 WIB
    Wali Kota Minta Disnaker Malang Tekan Angka Pengangguran
    Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Istimewa)
    Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, meminta Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) menekan angka pengangguran di wilayah setempat. Salah satunya mencari peluang kerja bagi masyarakat Kota Malang. 

    "Utamanya saat ini di masa-masa pandemi seperti ini, angka pengangguran terbuka kita cukup tinggi. Jadi saya minta Disnaker-PMPTSP dapat bekerja maksimal menekan angka tersebut," katanya, Senin, 22 Februari 2021.

    Sutiaji mengatakan Disnaker-PMPTSP dapat melakukan koordinasi antarperangkat daerah setempat untuk meningkatkan kinerja. Seperti fokus dalam melaksanakan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) tahap pertama di Eks Ramayana Mal.

    "Tahun ini, segera lakukan revisi DED dan renovasi interior seperti yang telah direncanakan," pintanya.

    Baca juga: Istri, Menantu, dan Cucu Wali Kota Balikpapan Terpapar Covid-19

    Di sisi lain, ia juga mendorong pelaku UMKM lebih kreatif mengolah produk. Selain menekan angka pengangguran, hal itu penting agar produk lokal mampu bersaing di pasar global. 

    "Ketika kita sudah arahnya ke sana keterbukaan dan kompetitornya semakin hari semakin kuat. Yang harus kita lakukan adalah selalu mempunyai kreatifitas yang luar biasa,” ungkapnya. 

    Sutiaji mengungkapkan salah satu inovasi produk kriya yang perlu dukungan adalah pembuatan aksesoris menggunakan teknik electroforming. Menurutnya, teknik tersebut mampu meningkatkan kualitas produk kerajinan aksesoris yang dibuat sehingga harga yang dipasarkan mampu bersaing secara global. 

    “Harapannya nanti tidak hanya harga, namun juga kualitas mampu bersaing dengan pasar global. Kita kumpulkan 30 dulu (pelaku UMKM) minimal bisa mendukung dan  memberikan literasi di bawahnya,” jelas dia.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id