Sekolah di Yogyakarta Gunakan GeNose C19 Sebelum Ujian ASDP

    Ahmad Mustaqim - 07 April 2021 15:51 WIB
    Sekolah di Yogyakarta Gunakan GeNose C19 Sebelum Ujian ASDP
    Ujian ASDP siswa tingkat SMP di Kota Yogyakarta. Dokumentasi/ Forpi Kota Yogyakarta



    Yogyakarta: Ujian Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) tingkat SMP di Yogyakarta yang digelar sejak Senin, 5 April 2021, berjalan lancar. Ada sekolah yang sudah menggunakan GeNose C19 sebagai alat skrining sebelum ujian.

    Sekolah yang sudah menggunakan GeNose yakni SMP Muhammadiyah 2 Kota Yogyakarta. Sebanyak 266 siswa harus menjalani skrining menggunakan GeNose sebelum masuk kelas.






    "Seluruh siswa wajib tes GeNose sebelum ikut ujian ASDP," kata Kepala SMP Muhammadiyah 2 Kota Yogyakarta, Naning Hidayati, saat dikonfirmasi, Rabu, 7 April 2021.

    Baca: Jatim Kirim Bantuan untuk Korban Bencana di NTT

    Naning menjelaskan ujian ASDP di sekolahnya dijadwal dua sesi dalam sehari. Sebanyak 266 siswa itu memakai tujuh ruang kelas. Ada sebanyak dua siswa absen ujian ASDP karena sakit.

    Selain itu pihak sekolah menyediakan makanan dan minuman untuk siswanya. Wujudnya berupa buah-buahan dan minuman kotak kemasan.

    "Bagi siswa yang hendak pulang dan dijemput orang tua disediakan HT (handy talky di ruang kelas," jelasnya.

    Sementara Anggota Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba, mengatakan pihaknya sudah melakukan pemantauan di berbagai sekolah. Selain di SMP Muhammadiyah 2, juga di SMP BOPKRI 1, Jalan Mas Suharto, Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan.

    Baharudin mengatakan ujian ASPD di SMP 1 BOPKRI Kota Yogyakarta diikuti 35 siswa. Puluhan siswa itu berasal dari BOPKRI 1 sebanyak 30 anak dan 5 anak dari BOPKRI 2 serta BOPKRI 10.

    "Karena siswanya sebanyak 35 anak, jadwal ujian ASDP di sana dijadwal satu sesi dengan memakai dua ruang kelas," ungkapnya.

    Secara umum menurut Baharuddin, proses ujian ASDP berjalan lancar. Protokol kesehatan seperti menjaga jarak, mengenakan masker, dan menghindari kerumunan, sudah dijalankan.

    "Kami berharap ujian ASDP besok dengan mata pelajaran IPA juga berjapan aman dan lancar. Selain itu juga protokol kesehatan tetap dijalankan dengan tertib," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id