3 Pendeteksi Longsor di Pekalongan Rusak

    Media Indonesia.com - 30 Oktober 2020 12:35 WIB
    3 Pendeteksi Longsor di Pekalongan Rusak
    Ilustrasi. Medcom.id
    Pekalongan: Bencana tanah longsor menjadi ancaman serius di enam kecamatan di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Tiga dari tujuh alat peringatan dini (Early Warning Sistem) pendeteksi tanah bergerak kini rusak.

    "Ada tiga alat peringatan dini untuk tanah bergerak dalam keadaan rusak, maka saat hujan datang diharapkan warga tinggal di perbukitan di kecamatan rawan longsor waspada," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekalongan, Budi Raharjo, Jumat, 30 Oktober 2020. 

    Kecamatan rawan longsor di Kabupaten Pekalongan yakni Kecamatan Kandangserang, Petungkriyono, Doro, Lebakbarang, Paninggaran dan Talun. Kecamatan tersebut secara geogeafis berada di pegunungan yang berbatasan dengan daerah Banjarnegara.

    Baca: Ciamis Tetapkan Siaga Darurat Bencana

    Sedangkan tiga alat peringatan dini untuk tanah bergerak yang rusak merupakan bantuan dari Provinsi Jateng berada di Desa Bojongkoneng, Desa Luragung dan Desa Wangkelang di Kecamatan Kandangserang.

    Sementara empat alat lainnya cukup aman berada di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono, Desa Kaliombo dan Desa Werdi di Kecamatan Paninggaran.

    Selain ancaman bencana tanah longsor, bencana banjir dan rob juga patut diwaspadai. Beberapa kecamatan yang rawan bencana banjir yaitu Kecamatan Siwalan, Wonokerto, Wiradesa, Tirto dan Sragi yang berada di darah pesisir pantura.

    "Kita sudah petakan semua wilayah rawan bencana, maka mengantisipasi bencana dan penanggulangannya kita berkoordinasi dan komunikasi dengan jajaran terkait seperti TNI, Polri, dinas terkait, PMI dan relawan," imbuhnya. 

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id