Masuk Level 3, Kabupaten Malang Terapkan PPKM Level 4

    Daviq Umar Al Faruq - 22 Juli 2021 14:18 WIB
    Masuk Level 3, Kabupaten Malang Terapkan PPKM Level 4
    Penyekatan PPKM Darurat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur/istimewa.



    Malang: Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 hingga 25 Juli 2021. Padahal, wilayah tersebut masuk dalam kriteria PPKM level 3. 

    "Kita masuk Level 3, tapi rapatnya kalau dilihat dari Instrusksi Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor 22 kemarin itu kita penanganannya hampir sama seperti sama Level 4," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat, Kamis, 22 Juli 2021.

     



    Wahyu menerangkan, PPKM level 3 ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4 di Wilayah Jawa-Bali yang diterbitkan pada 20 Juli 2021. Dalam Inmendagri tersebut, Kabupaten Malang masuk dalam kategori level 3.

    "Kita sekarang Level 3 walaupun kita aglomerasi dengan Kota Malang dan Kota Batu yang level 4. Tapi penanganannya kita harus sama-sama seperti penanganan Level 4. Ya kita kolaborasikan," beber Wahyu. 

    Kabupaten Malang masuk dalam level 3 lantaran mencatatkan kasus virus corona 50-150/100.000 penduduk per minggu. Lalu, perawatan pasien di rumah sakit mencapai 10-30/100.000 penduduk per minggu, dan kasus kematian berkisar 2-5/100.000 penduduk per minggu. 

    Wahyu menuturkan, aturan tersebut juga memberikan beberapa keringanan. "Salah satu contoh sekarang boleh makan (di tempat makan) tapi dikasih waktu 30 menit. Kalau lain-lainnya hampir sama," ungkapnya.

    Baca: Kabupaten Tangerang Ubah Status Jadi PPKM Level 4

    Meski begitu, Wahyu menegaskan bahwa Kabupaten Malang bakal tetap menggunakan model PPKM Darurat pada 3-20 Juli 2021 lalu. Hal itu dilakukan untuk memperkuat protokol kesehatan guna menekan angka kasus covid-19.

    Seperti penyekatan dan penutupan jalan yang masih diterapkan. Demikian juga dengan operasi yustisi yang bakal lebih diperketat. 

    "Kita masih tetap menggunakan model yang kemarin, hanya pengecualian beberapa item saja," tegasnya.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id