Tahanan Baru Rutan Makassar Wajib Miliki Sertifikat Vaksin Covid-19

    Muhammad Syawaluddin - 15 September 2021 23:46 WIB
    Tahanan Baru Rutan Makassar Wajib Miliki Sertifikat Vaksin Covid-19
    ilustrasi Medcom.id



    Makassar: Rutan Kelas I Makassar mensyaratkan bagi narapidana yang akan masuk sebagai warga binaan harus memiliki sertifikat vaksinasi covid-19.

    Kepala Rutan Kelas I Makassar, Sulistyadi, mengatakan pemberlakuan kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19 di kalangan narapidana. Hal itu juga sesuai dengan perintah dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas).

     



    "Hal ini untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Jadi pencegahan dilakukan secara seimbang tidak hanya dari dalam namun juga dari luar," kata Sulistyadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu, 15 September 2021.

    Baca: Siswa di Makassar Jadi Korban Pencabulan Guru Les

    Dia menjelaskan dengan adanya kebijakan tersebut pencegahan yang dilakukan oleh pihaknya bukan hanya di dalam rutan, namun juga yang datang dari luar sehingga penyebaran bisa ditekan sejak awal.

    "Mengingat sudah 75 % warga binaan Rutan Makassar yang telah menjalani vaksinasi sehingga untuk mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok bagi warga binaan," jelasnya.

    Adanya aturan tambahan tentang syarat vaksinasi bagi warga binaan memang sebelumnya telah disepakati oleh seluruh aparat penegak hukum lewat kunjungan kerja yang dilakukan Rutan Makassar ke beberapa instansi seperti Kepolisian, Kejaksaan, maupun Pengadilan.

    Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Darmansyah, mengatakan selain adanya administrasi sertifikat vaksinasi virus korona bagi warga binaan. Pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan medis bagis warga binaan titipan dari instansi terkait.

    Bahkan katanya setelah menjalani pemeriksaan medis atau kesehatan, para warga binaan akan dimasukkan ke ruang isolasi khusus bagi mereka yang baru masuk ke Rutan Kelas I Makassar.

    "Setelah diterima di Rutan, warga binaan ditempatkan di ruang isolasi selama 14 hari untuk dipantau guna memastikan kondisi Kesehatannya benar-benar baik sambil diberikan penyuluhan kesehatan serta aturan dalam Rutan," ungkap Darmansyah.


     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id