comscore

Tim Trauma Healing Dikerahkan untuk Pengungsi Semeru

Medcom - 05 Desember 2021 19:12 WIB
Tim Trauma <i>Healing</i> Dikerahkan untuk Pengungsi Semeru
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawans. (Istimewa)
Lumajang: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memilih berkantor di Lumajang, Jawa Timur, untuk mengawal langsung penanganan bencana guguran awan panas (GAP) Gunung Semeru. Kini, kata dia, pihaknya telah mengerahkan tim trauma healing untuk pengungsi. 

"Anak-anak di pengungsian akan didampingi memberikan hiburan kepada mereka. Dari awal terjadinya bencana saya sudah perintahkan agar tim psikososial segera melakukan assessment terhadap anak-anak," ujar Khofifah, di Lumajang, Minggu, 5 Desember 2021. 
Dia menerangkan, penanganan pengungsi buka cuma memenuhi kebutuhan dasar. Tapi, kata dia, termasuk menghilangkan rasa trauma pengungsi terutama perempuan, anak, dan lansia.  

Sementara itu, Pemprov Jatim telah mengirimkan ratusan paket bantuan ke Kabupaten Lumajang berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, baju anak-anak, dan sembako.

Baca: Banyuwangi Kirim Tim Gabungan Bantu Korban Erupsi Semeru

Selain itu, bantuan lain juga dikirimkan yaitu terpal, kantong mayat, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih, dan suplemen. 

Selanjutnya, juga dikirimkan Trail, Chainsaw, Tenda pengungsi, Tenda posko, Genset, Light Tower, Velbed, Sleeping bag, Garis Polisi, Cangkul, Sekrop, Kabel, Jurigen, Sepatu boot, Kacamata google, Toolkit, Helm dan Antena tower hidrolis. 

Terakhir, Khofifah meminta Pemkab Lumajang agar berkoordinasi antara wilayah Candipuro dan Pronojiwo harus terus terjaga. Hal itu untuk memastikan kebutuhan warga dan pengungsi selalu tercukupi.

"Termasuk di antaranya kebutuhan penanganan kesehatan bagi para pengungsi," ujarnya.


(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id