Pasien Diisolasi RSUD Bangil tak Terjangkit Korona

    Syaikhul Hadi - 15 Maret 2020 15:28 WIB
    Pasien Diisolasi RSUD Bangil tak Terjangkit Korona
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Bangil: Ketua Tim Covid-19 RSUD Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, dokter Budi Santoso menyatakan pasien yang sempat dirujuk dan diisolasi ke RSUD Bangil tidak terinfeksi korona. Hal itu diketahui setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan termasuk riwayat sakit pasien. 

    "Pasien ternyata bukan covid-19," ujar Budi, Minggu, 15 Maret 2020. 

    Lebih lanjut, kata dia, pasien itu rujukan dari RS Grati, Pasuruan, sejak Sabtu dini hari, 14 Maret 2020. Pasien dalam kondisi preshock, sehingga harus dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas lebih memadai. 

    "RS Grati itu tipe D, melihat pasien kondisinya seperti itu dirujuklah ke sini. Karena memang fasilitas di sini lebih besar dan dokter spesialisnya lebih lengkap," jelasnya. 

    Baca juga: Jokowi Instruksikan Pemda Cepat Tanggap Virus Korona

    Hasil diagnosis tim covid-19 RSUD Bangil, pasien yang diketahui baru pulang dari umrah itu dinyatakan negatif korona. Pasien memiliki riwayat diabetes, dan pernah menjalani pengobatan TBC.
     
    "Kemarin, arahnya memang ke covid, tapi setelah kita cek lagi, hasil diagnosisnya diabetes. karena tidak terkontrol dengan baik akhirnya ada sedikit gangguan di ginjal dan infeksi TBC," ungkap dia.

    Menurut Budi orang dengan diabetes memiliki daya tahan rendah, sehingga mudah terpapar penyakit. Kendati demikian, pasien tetap dirawat di ruang isolasi guna pencegahan penyebaran virus.

    "Kemarin kita mewaspadai saja. Setelah kita cek, dilacak, dan ditanya berulang-ulang secara berurutan, ternyata arahnya bukan ke covid-19," tegasnya. 




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id