262 Warga di Kota Semarang Terkena DBD

    Mustholih - 29 Juni 2020 13:12 WIB
    262 Warga di Kota Semarang Terkena DBD
    ilustrasi Medcom.id
    Semarang: Dinas Kesehatan Kota Semarang mewaspadai ancaman penyakit demam berdarah dengue (DBD) di masa pandemi covid-19. Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam, mencatat sampai saat ini ada 262 kasus warganya yang terkena DBD.

    "Dinas Kesehatan Kota Semarang mencatat hingga 23 Juni 2020 sudah ada 262 kasus (DBD). Tiga orang meninggal," kata Hakam di Semarang, Jawa Tengah, Senin, 29 Juni 2020.

    Baca: Anak Penderita Sepsis Kardiomiopati Dirujuk ke Makassar

    Hakam menegaskan jumlah penderita DBD di Kota Semarang masih menjadi perhatian serius di tengah bertambahnya kasus covid-19. Ratusan temuan kasus DBD di Kota Semarang ini tercatat sejak Januari hingga Juni 2020.

    Menurut Hakam pada Januari ditemukan 25 kasus DBD di Kota Semarang dan satu orang penderita meninggal. "Februari ada 60 kasus dengan 1 meninggal. Maret ada 71 kasus. April ada 56 kasus dan 1 meninggal. Mei ada 32 kasus. 1 Juni hingga 23 Juni, ada 18 kasus," jelas Hakam.

    Hakam berujar grafik temuan 262 kasus DBD pada tahun ini sebenarnya masih lebih sedikit dibanding pada 2019. Menurut Hakam pada Januari tahun lalu Dinkes Kota Semarang mencatat ada 60 kasus DBD. Sementara Februari 2019 ada 80 kasus DBD dengan empat orang meninggal.

    "Maret 88 kasus dengan 4 kasus meninggal. April ada 80 kasus dengan 2 kasus meninggal. Mei ada 67 kasus dan Juni ada 61 kasus dengan 1 kasus meninggal," ungkapnya.

    Hakam mengaku Dinas Kesehatan sudah berupaya menekan angka kejadian DBD di Kota Semarang lewat beragam program. "Antara lain, dengan penyediaan tenaga epidemiologi di seluruh Puskesmas, peningkatan kapasitas petugas surveilans kesehatan, meningkatkan program siswa cari jentik dan satu rumah satu jumantik," ujar Hakam.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id