RS Muhammadiyah Yogyakarta PHK Tenaga Medis

    Ahmad Mustaqim - 25 Juni 2020 12:26 WIB
    RS Muhammadiyah Yogyakarta PHK Tenaga Medis
    ilustrasi Medcom.id
    Yogyakarta: Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) PKU Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sejumlah tenaga medis. Masalah finansial diduga jadi penyebab manajemen rumah sakit mengambil keputusan tersebut.

    Sejumlah tenaga medis yang kena PHK itu yakni Ela Wulan dan Heni Lis. Dua tenaga medis di bagian bidan itu sudah tak bekerja lagi sejak Minggu, 21 Juni 2020.

    "Yang dipanggil (manajemen rumah sakit) kontraknya mau habis dan sudah habis. Alasannya begitu," kata Heni saat dihubungi, Kamis, 25 Juni 2020.

    Baca: Khofifah Sempat Bahagia Saat Pandemi Covid-19

    Heni mengatakan sudah dua tahun mengabdi di rumah sakit yang berada di Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta itu. Ia mendapat gaji Rp1,3 juta per bulan. Nominal gaji itu lebih rendah dibanding ketentuan upah buruh di Kota Yogyakarta sekitar Rp2 juta.

    Sementara Ela mengatakan PHK yang menimpanya lantaran rumah sakit tak menerima pasien umum sejak wabah covid-19 masuk ke Indonesia. Situasi itu diduga jadi penyebab finansial rumah sakit merosot.

    "Saya sudah enam tahun bekerja. Harusnya masih sampai September tapi tidak diperpanjang," ungkap perempuan 28 tahun ini.

    Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Agung Danarto, mengatakan RSKIA PKU Muhammadiyah merupakan salah satu dari puluhan rumah sakit yang jadi rujukan penanganan covid-19. Menurut dia kunjungan pasien di rumah sakit berkurang 50 persen.

    "Pengunjung rumah sakit memang menurun drastis akibat pandemi covid-19. Ini mempengaruhi kondisi keuangan," kata Agung.

    Menurut Agung rumah sakit berupaya bertahan untuk tetap memberikan layanan ke pasien. Ia menyebut kasus itu akan jadi bahan evaluasi.

    "Evaluasi tidak harus pengurangan pasien, menutup pasien, menghentikan, itu tidak harus selalu seperti itu, tapi bagaimana kekurangan dana bisa kita suntik," ujar Agung.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id