Indonesia Emas 2045 Terganjal Asas Adil dan Makmur

    Octavianus Dwi Sutrisno - 17 Februari 2020 16:34 WIB
    Indonesia Emas 2045 Terganjal Asas Adil dan Makmur
    Menko Polhukam Mahfud MD (tengah). (Foto: Medcom.id/Octavianus)
    Depok: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meyakini Indonesia Emas dapat tercapai pada 2045. Namun hal itu hanya bisa diraih jika rasa keadilan dan kemakmuran telah terpenuhi.

    "Indonesia emas adalah Indonesia yang maju, diperkirakan tercapai pada 2045. Bila seluruh unsur berjalan, Indonesia akan menjadi kekuatan dunia keempat setelah Republik Rakyat Tiongkok, India, Amerika, dan Jepang," ucapnya, di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin, 17 Februari 2020.

    Menurut Mahfud, pencanangan Indonesia Emas telah dilakukan oleh pemerintah. Keyakinan bahwa Indonesia mampu menjadi negara maju didasarkan pada perhitungan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki NKRI.

    Awal kemajuan Indonesia akan tampak pada 2036 ketika bonus demografi mulai menunjukkan pengaruhnya. Sedangkan syarat lain yang harus dipenuhi antara lain, Indonesia harus merdeka, berdaulat, adil, dan makmur sebagaimana pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

    "Gangguan terbesar yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rasa persatuan. Terbukti, gejala-gejala intoleransi mulai bermunculan (hanya) karena sebuah perbedaan," ungkapnya.

    Selain itu, menipisnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah juga menjadi perhatian. Bahkan bukan tak mungkin hal itu bisa menjelma sebagai ancaman.

    "Kalau rakyat sudah tidak percaya kepada pemerintah akan ada pembangkangan, perlawanan. Apabila dibiarkan akan menimbulkan disintegrasi. Karenanya semua pihak harus menjunjung tinggi toleransi dalam kemajemukan bangsa," pungkasnya.




    (MEL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id