comscore

39 Narapidana Hindu di Sulsel Dapat Remisi Nyepi

Muhammad Syawaluddin - 05 Maret 2022 16:59 WIB
39 Narapidana Hindu di Sulsel Dapat Remisi Nyepi
Ilustrasi Medcom.id
Makassar: Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Sulawesi Selatan memberikan remisi kepada puluhan narapidana beragama Hindu di sejumlah rumah tahanan (Rutan) dan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Hari Raya Nyepi 2022.

"Yang diberikan remisi khusus ini ada sebanyak 39 orang," kata, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Edi Kurniadi, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu, 5 Maret 2022.
Pemberian remisi terhadap narapidana pada Hari Raya Nyepi ini bertambah dari jumlah yang sebelumnya diusulkan. Pihaknya sebelumnya hanya mengusulkan 35 warga binaan untuk mendapatkan remisi. 

Ia mengungkapkan, pengurangan masa tahanan berdurasi satu bulan. Totalnya, ada 30 orang narapidana. Sementara remisi 15 hari diberikan kepada 4 orang narapidana dan 1 bulan 15 hari, diberikan kepada 5 orang narapidana. 

Baca: 763 Narapidana di Bali Dapat Remisi Nyepi

"Pemberian remisi merujuk dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 3 Tahun 2018," ungkapnya. 

Jumlah narapidana yang paling banyak mendapat remisi berasal dari Rutan Sidrap sebanyak 13 orang. Sisanya dari rutan dan lapas di berbagai daerah seperti Lapas Parepare, Rutan Watansoppeng, Rutan Makale, Rutan Sengkang, Lapas Makassar, Lapas Perempuan Sungguminasa Gowa, Rutan Masamba dan Rutan Pinrang.

"Mereka yang mendapatkan remisi, telah memenuhi syarat. Di antaranya, berkelakuan baik," jelasnya. 

Secara total jumlah warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Sulsel, tanggal 1 Maret 2022, yakni sebanyak 10.441 orang. Terdiri dari Narapidana 8.090 orang Napi dan 2.351 orang tahanan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 66 WBP yang bergama Hindu.

Ia juga berharap pemberian remisi ini dapat memotivasi narapidana untuk selalu memperbaiki diri, menyadari kesalahannya, dan menaati aturan, sehingga mempercepat reintegrasinya ke masyarakat.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id