comscore

Gunung Merapi Erupsi 75 Kali Sepekan Ini

Ahmad Mustaqim - 11 Juni 2022 15:23 WIB
Gunung Merapi Erupsi 75 Kali Sepekan Ini
Sebagian destinasi wisata Gunung Merapi di Sleman, DIY kembali dibuka. (Foto: MI/Agus Utantoro)
Yogyakarta: Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta mencatat Gunung Merapi erupsi 75 kali dalam periode 3-9 Juni 2022. Erupsi pekan ini didominasi guguran lava.

"Pada minggu ini guguran lava teramati sebanyak 75 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 2.000 meter," kata Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 11 Juni 2022.
Baca: Gunung Merapi Erupsi 102 Kali Sepekan

Agus mengatakan hasil pengamatan dari stasiun kamera Deles5, Tunggularum, Ngepos dan Babadan menunjukkan pada kubah barat daya tidak teramati adanya perubahan ketinggian kubah. Sementara, lanjutnya, kubah tengah juga tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan.

"Berdasarkan analisis foto volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.551.000 meter kubik dan kubah tengah sebesar 2.582.000 meter kubik," jelas Agus.

Dari aspek kegempaan, menurut Agus pada minggu ini kegempaan Gunung Merapi tercatat lebih dari 1.000 kali. Rincian kegempaan itu yakni 84 kali gempa Vulkanik Dangkal (VTB), 283 kali gempa Fase Banyak (MP), 2 kali gempa Low Frekuensi (LF), 666 kali gempa Guguran (RF), 23 kali gempa Hembusan (DG), dan 9 kali gempa Tektonik (TT).

"Intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi. Sementara untuk deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 1,5 sentimeter per hari," ungkapnya.

Ia menambahkan hasil dari pemantauan itu menunjukkan aktivitas vulkanik Gunung Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status Gunung Merapi masih pada tingkat siaga.

"Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awanpanas radiuanya berjarak tiga hingga tujuh kilometer," ujar Agus.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id