Kepala Desa di Malang Ditangkap Terkait Pungli Rp20 Juta

    Daviq Umar Al Faruq - 14 November 2019 18:02 WIB
    Kepala Desa di Malang Ditangkap Terkait Pungli Rp20 Juta
    Konferensi pers kasus OTT kepala desa di Polres Malang, Kamis, 14 November 2019. (Foto: Dok Polres Malang)
    Malang: Kepala Desa Ngadireso, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Mugiono ditangkap Polres Malang karena melakukan pungutan liar. Pria 50 tahun itu dibekuk secara langsung dalam operasi tangkap tangan (OTT).

    Kasat Reskrim Polres Malang, AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo, mengatakan penangkapan berawal saat polisi mendapat keluhan dari warga Desa Ngadireso bahwa tersangka menawarkan bantuan untuk penyelesaian sengketa tanah milik korban berinisial NI.

    "Namun untuk penyelesaian tersebut kepala desa meminta uang sebesar Rp60 juta dan setelah tawar menawar akhirnya disetujui sebesar Rp20 juta," kata Tiksnarto di Polres Malang, Kamis, 14 November 2019.

    Tiksnarto menjelaskan dari informasi tersebut, polisi kemudian menyelidiki dan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) kepada tersangka saat melakukan penerimaan uang di depan sebuah warung di Jalan Panglima Sudirman, Wajak Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa, 12 November 2019.

    "Setelah uang diterima kepala desa, petugas melakukan penangkapan terhadap kepala desa yang akan pergi dari lokasi," jelas Tiksnarto.

    Setelah ditangkap, polisi menemukan barang bukti berupa uang sebesar Rp20 juta di dalam jok sepeda motor Honda Revo hitam bernopol N-5497-JW milik tersangka. Selanjutnya polisi menangkap tersangka dan uang di Polres Malang untuk dilakukan penyidikan. 

    Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 12 huruf e dan atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001.

    "Dalam Pasal 12 huruf e tersangka diancam dengan hukuman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun," pungkas Tiksnarto.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id