Gubernur Sulsel Apresiasi Pemadaman Hutan Bawakaraeng

    Lina Herlina - 23 Oktober 2019 15:11 WIB
    Gubernur Sulsel Apresiasi Pemadaman Hutan Bawakaraeng
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
    Makassar: Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengapresiasi pemadaman api kebakaran di hutan Bawakaraeng di Kabupaten Gowa. Area hutan seluas 75 hektare yang terbakar mulai reda.

    Menurut Nurdin, persoalan utama yang dihadapi tim adalah titik kebakaran yang berada di tengah hutan. Akses menuju lokasi kebakaran pun sempat mengalami kesulitan.

    "Tapi salut dengan sistem pemadaman yang dimiliki oleh (Dinas) Kehutanan, sehingga bisa mempercepat (pemadaman). Kita membawa alat ke sana dengan sigap jadi tinggal satu titik yang terbakar," urai Nurdin, Rabu, 23 Oktober 2019.

    Nurdin mengatakan salah satu faktor kebakaran hutan terjadi akibat ulah manusia. Misalnya, pendaki yang membuang puntung rokok sembarangan. 

    "Ada orang merokok masuk ke hutan, tidak sadar membuang puntung rokok. Itu bisa menjadi pemicu. Apalagi ini kan hutan pinus yang numpuk banyak (rimbun). Jika itu terbakar, kadang sudah membesar baru ketahuan," terangnya.

    Menurut Nurdin, pihaknya tak pernah berhenti mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat berada di hutan. Terutama tidak menyulut api guna menghindari kebakaran. 

    "Tidak boleh masyarakat berlaku semena-mena terhadap lahan. Bayangkan ada masyarakat yang membakar kayu jati untuk jadikan lahan pertanian," ungkapnya.

    Berdasarkan data SiPongi Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, selama 2019, sebanyak 587 hektare lahan dan hutan terbakar di Sulsel.

    Sementara dari data Terra/Aqua milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, terkait keberadaan titik panas atau hot spot di Sulawesi Selatan, pada 17-23 Oktober terdapat 63 titik. Jumlah ini mengalami kenaikan 17 titik panas dari minggu sebelumnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id