Banjir Melanda Tiga Kabupaten di Kalbar

    Antara - 08 Desember 2019 21:29 WIB
    Banjir Melanda Tiga Kabupaten di Kalbar
    Banjir melanda Desa Nusa Kenyikap, Kabupaten Melawi. Foto: Istimewa
    Jakarta: Banjir melanda tiga kabupaten di Kalimantan Barat. Ketinggian banjir antara satu hingga 1,5 meter melanda Kabupaten Melawi, Sambas, dan Sekadau. 

    Di Kabupaten Sambas, banjir terjadi di sejumlah desa sejak Jumat, 12 Desember 2019. Keesokan harinya, banjir bahkan sudah merendam rumah warga seperti yang dialami warga Desa Malek, Kecamatan Paloh.

    "Hingga saat ini hujan masih mengguyur Kecamatan Paloh dan kemungkinan air bisa bertambah naik lantaran masih turun hujan, " ujar seorang warga Desa Malek, Matjiri, seperti dilansir Antara, Sabtu, 7 Desember 2019.

    Saat ini kedalaman air sudah lebih dari betis orang dewasa ketika di jalan raya. "Hingga saat ini dari rumah warga yang terendam, namun masih bertahan belum ada yang mengungsi," jelas dia.

    Warga, menurut Matjiri, tidak dapat berbuat banyak selain melakukan evakuasi barang-barang milik mereka. "Warga kebanyakan masih bertahan di rumah mereka dan mengamankan barang-barang untuk disimpan ke tempat tinggi," ucapnya.

    Selain merendam jalan, banjir juga menenggelamkan Puskesmas Paloh, air juga menggenangi fasilitas tersebut. Kemudian sejumlah jalan juga tak luput dari rendaman air.

    Warga memanfaatkan perahu yang biasanya dipakai di sungai untuk mengangkut barang-barang yang bisa diselamatkan. Begitu juga untuk mengevakuasi warga yang wilayahnya terkena banjir tinggi.
    Banjir Melanda Tiga Kabupaten di Kalbar
    Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Yessy Melania (tengah), meninjau korban banjir di Melawi

    Banjir juga melanda Desa Nusa Kenyikap, Kabupaten Melawi. Anggota DPR dari Fraksi NasDem, Yessy Melania, menyempatkan diri untuk berkunjung ke sana dan memberi bantuan.

    "Turut prihatin dan berbelas kasih. Masyarakat di sana masih sangat mengharapkan perhatian," kata Yessy.

    Untuk meringankan beban korban banjir, Yessy memberikan bantuan berupa bahan pokok. Ia berharap bantuan itu bisa meringankan para korban yang dampak banjir.

    Yessy juga berharap ada perhatian lebih dari semua pihak, terutama pemerintah. "Ini tugas kita bersama. Tetap jaga kesehatan," ujarnya.



    (UWA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id