Keraton Agung Sejagat Diawali Koperasi Bodong

    Ahmad Mustaqim - 15 Januari 2020 18:45 WIB
    Keraton Agung Sejagat Diawali Koperasi Bodong
    Keraton Agung Sejagat di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo. (Foto: ANTARA/dok. pribadi)
    Sleman: Kepala Seksi Pemerintahan Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Adi Arya Pradana, menyebut, Totok Santosa tak hanya mendirikan Keraton Agung Sejagat. 

    Jauh sebelum membentuk 'kerajaan' yang diklaim sebagai terusan dari Majapahit, Totok lebih dulu membentuk koperasi hingga membuka usaha angkringan dan organisasi kemasyarakatan.

    "Aktivitasnya banyak selagi mengontrak rumah di Sidoluhur sejak 2018," ujar Arya, Rabu, 15 Januari 2020.

    Arya mengatakan aktivitas pertama yang dilakukan Totok yakni membentuk koperasi pertanian. Namun gagal lantaran syarat administrasi yang diserahkan Totok dianggap tidak sah sehingga tak punya legalitas. 

    Setelah itu, Totok mencoba mendirikan organisasi kemasyarakat Laskar Merah Putih. Ia sempat menyosialisasikannya kepada warga namun oleh pemerintah desa dihentikan.

    "(Laskar Merah Putih) itu seperti Jogja DEC (investasi bodong). Laskar ini tidak ada positif maupun negatifnya tapi tetap ditolak saat mau pindah ke desa sebelah," jelasnya. 

    Tak berhenti di situ Totok juga membuka angkringan. Sayangnya, usaha itu tak berjalan mulus hingga ia akhirnya pindah ke Purworejo dan membangun Keraton Agung Sejagat (KAS).

    Arya mengungkapkan Totok sempat menggelar ritual sebelum ditangkap karena KAS. Kepada Pemerintah Desa Sidoluhur, Totok berkilah KAS hanyalah projek konten berlatar kerajaan Majapahit

    "Istrinya (Totok) ini kan pandai bicara. Katanya saat ini lagi tren YouTube. Makanya ia menyebut mau jadi Youtuber," ujarnya. 

    Menurut Arya, pemerintah desa tak menaruh curiga lantaran Totok mendatangkan berbagai alat siaran medio Oktober-November 2019. Belakangan, Totok pindah ke Purworejo, Jawa Tengah, mendirikan KAS. Secara teknis, KAS mirip dengan kegiatan yang dilakukan Totok di kontrakan lamanya di Dusun Berjo Kulon RT 5 RW 4, Desa Sidoluhur.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id