Bawaslu Banten Tetap Awasi Pelaksanaan Pilkada - Medcom

    Bawaslu Banten Tetap Awasi Pelaksanaan Pilkada

    Farhan Dwitama - 30 Agustus 2019 11:25 WIB
    Bawaslu Banten Tetap Awasi Pelaksanaan Pilkada
    Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal)
    Tangerang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten memastikan tetap mengawasi pelaksanaan Pilkada Serentak 2020. Masalah nomenklatur kelembagaan Bawaslu bisa diselesaikan usai Mahkamah Konstitusi (MK) memutus uji materi yang saat ini masih berproses.

    "Secara prinsip pengawasan Bawaslu tetap berjalan sambil menunggu judicial review (uji materi) di MK," ujar Ketua Bawaslu Banten Didih M Sudih, Jumat, 30 Agustus 2019.

    Didih mengatakan ada empat wilayah kota/kabupaten yang menggelar pilkada pada 2020. Di antaranya Kabupaten Serang, Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangsel. 

    Kendati terbentur persoalan nomenklatur hingga berimplikasi pada persoalan hukum, tugas pokok dan fungsi Bawaslu provinsi tetap dilakukan seperti pilkada sebelumnya. "Kita di daerah menunggu perubahan Undang-undang secara terbatas,” lanjutnya.

    Pelaksanaan pilkada di sejumlah daerah pada 2020 terancam tak diawasi Bawaslu. Pasalnya aturan yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak selaras dengan lembaga pengawasan. 

    KPU sebelumnya mengusulkan agar dilakukan revisi Undang-undang Pilkada. Salah satunya perubahan nomenklatur kelembagaan Bawaslu. 

    Dalam Undang-undang Pilkada nama Bawaslu masih disebut sebagai Panwaslu, berbeda dengan di Undang-undang pemilu yang telah ditetapkan sebagai lembaga tetap. 

    "Karena uji materi di MK sudah berjalan, prinsipnya (peraturan) yang mana saja (bisa digunakan dulu) agar dasar hukumnya menjadi terang," imbuh Didih.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id