Warga Bantul yang Ikut Pemakaman Jenazah Covid-19 Tanpa Prokes Segera Dilakukan Tes

    Ahmad Mustaqim - 02 Juni 2021 18:31 WIB
    Warga Bantul yang Ikut Pemakaman Jenazah Covid-19 Tanpa Prokes Segera Dilakukan Tes
    ilustrasi Medcom.id



    Bantul: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan memaksa warga di Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan yang ikut pemakaman jenazah covid-19 tanpa protokol kesehatan untuk melakukan tes usap PCR. Langkah itu diambil setelah muncul serangkaian penolakan.

    “Kami minta Polres dan Kodim Bantul memaksa mereka (warga) untuk tes PCR. Semua demi kesehatan Bersama,” kata Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dihubungi, Rabu, 2 Juni 2021.

     



    Halim mengatakan, langkah paksaan itu diambil karena Dinas Kesehatan kesulitan melakukan penelusuran kasus kontak erat pasien positif covid-19 yang meninggal. Proses pemakaman jenazah covid-19 itu dilakukan tanpa menjalankan protokol.

    Baca: 37 Guru SMAN 4 Pekalongan Terkonfirmasi Covid-19

    Saat penelusuran, kata dia, warga Desa Trimurti menolak untuk dilakukan tes. Padahal, mereka yang diminta tes diketahui terlibat dalam pemakaman jenazah covid-19 tanpa protokol kesehatan.

    “Alasannya warga sudah tes antigen sendiri. Tapi tes antigen itu dalam jangka waktu lima hari (setelah kontak) sudah tidak akurat, harus tes PCR,” ujarnya.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja, juga menyebut ada puluhan warga yang menolak menjalani tes PCR meski difasilitasi pemerintah. Saat mendatangi lokasi untuk tes PCR, hanya enam orang yang datang tes dan ada puluhan yang menolak hadir.

    "Yang lain enggak mau datang. Beberapa milih tes rapid tes antigen mandiri. Padahal kalau kasus lebih dari lima hari, harus PCR," ucapnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id