Jumlah Nakes Bertugas di Suramadu Ditambah Jadi 500 Orang

    Amaluddin - 08 Juni 2021 23:24 WIB
    Jumlah Nakes Bertugas di Suramadu Ditambah Jadi 500 Orang
    ilustrasi Medcom.id



    Surabaya: Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di kaki Jembatan Suramadu sisi Surabaya ditambah menjadi 500 dari sebelumnya 180 nakes. Penambahan ini dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya seiring tingginya mobilitas pengendara di Suramadu.

    "Penambahan personel menjadi penting dilakukan, agar para nakes tidak kewalahan dalam menangani pasien. Penambahan ini juga sekaligus mencegah terjadinya kerumunan saat menunggu antrean," kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, di Surabaya, Selasa, 8 Juni 2021.

     



    Baca: ASN Kabupaten Jepara Kembali WFH

    Eri mengatakan jumlah nakes yang bertugas di Suramadu sebelumnya total berjumlah sekitar 180 orang, dibagi dalam tiga shift. Di mana setiap shift ada sekitar 60 nakes yang bertugas. "Jika sebelumnya dari 60 orang per shift, sekarang kita tambah satu shiftnya menjadi 100 orang nakes," jelasnya.

    Selain menambah jumlah nakes, lanjut Eri, jumlah shift para nakes juga ditambah menjadi lima dari sebelumnya tiga shift. Namun Eri tidak merinci detail jadwal waktu masing-masing shift.

    Penambahan shift ini, kata Eri, karena semakin banyaknya warga yang harus dilakukan rapid, maka jumlah personel pun harus ditambah. "Jadi, nanti per shiftnya ada 100 nakes. Kalau ada lima shift, artinya total ada 500 nakes," ungkapnya.

    Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menambahkan, untuk jumlah total nakes yang bertugas per hari ini mencapai 500 orang personel yang terdiri dari lima shift per hari.

    Dari 500 personel itu, kata Febria, terdiri dari Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) dari 63 perwakilan puskesmas se-Surabaya, rumah sakit RSUD dr Mohamad Sowandhie serta RS Bhakti Dharma Husada (BDH).

    "Kita juga sudah nambah meja diperbanyak. Memang ini sudah menjadi tugas kami. Para nakes lebih baik bekerja di depan seperti ini, jangan sampai masuk RS dan bertambah parah yang mengakibatkan nakes juga tertular," kata Febria.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id