Wali Kota Soroti Aktivitas TPS Ilegal di Bantaran Kali Bekasi

    Antonio - 11 Oktober 2021 18:07 WIB
    Wali Kota Soroti Aktivitas TPS Ilegal di Bantaran Kali Bekasi
    TPS ilegal di Bantaran Kali Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat. Antonio/Medcom.id



    Bekasi: Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi memerintahkan agar Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Lingkungan Hidup mengambil tindakan terkait dengan aktivitas Tempat Pembuangan Sampah (TPS) ilegal di bantaran Kali Bekasi.

    Rahmat menyatakan hal itu setelah melihat masih adanya TPS ilegal di bantaran Kali Bekasi yang memisahkan wilayah Kecamatan Bekasi Utara dan Bekasi Timur.

     



    "Wah kalau sampah itu, berarti UPTD-nya, kalau boleh jadi penampungan pertama ya boleh, setelah itu dibawa ke Bantar Gebang ke Sumur Batu," kata Rahmat di Bekasi, Senin 11 Oktober 2021.

    Dia menjelaskan, pihaknya telah berulang kali menutup aktivitas TPS ilegal di lokasi tersebut. Namun, Rahmat menyayangkan bahwa aktivitas tetap berlangsung usai dilakukan penutupan. 

    "Udah lama (keberadaan TPS ilegal), udah beberapa kali bapak (saya) tutup," ujarnya.

    Baca: Kota Bekasi Segera Bagikan 185 Ribu Dosis Vaksin Nyaris Kedaluwarsa ke Daerah Lain

    Rahmat memastikan bahwa aktivitas pembuangan sampah di lokasi tersebut ilegal. Pasalnya, di Kota Bekasi, tempat pembuangan sampah yang resmi hanya berada di TPA Sumur Batu dan TPST Bantar Gebang.

    "Ya kan kalau yang legal kan cuma di Sumur Batu dan Bantar Gebang kalau tempat pembuangan sementara," katanya.

    Dia menilai bahwa perlu dilakukan penataan di lokasi TPS ilegal tersebut. Sehingga nantinya dapat menjadi TPS sementara sebelum sampah dikirim ke TPA Sumur Batu.

    Rahmat menambahkan, aktivitas pembuangan sampah di lokasi tersebut bisa terjadi karena beberapa hal. Di antaranya, aspek ekonomi.

    "Bisa saja (karena banyak kepentingan), kan biasanya ada aspek ekonominya tuh ada kardus ada lain-lain bisa saja, tapi kalau ditata itu dibagusin kan," ujarnya.

    Menurut dia, pihaknya sudah melakukan pengawasan agar tidak ada TPS ilegal di bantaran Kali Bekasi. Tetapi, kesadaran sejumlah pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan masih minim.

    "Pengawasannya udah, cuma kesadarannya belum karena nggak mungkin pejabatnya saja pastinada masyarakatnya yang tadi itu butuh juga dia untuk penghasilan," tandasnya.

    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id