Metro Siang

    Klaster Sekolah di Jatim Capai 165 Selama Setahun Terakhir

    MetroTV - 25 September 2021 17:29 WIB
    Klaster Sekolah di Jatim Capai 165 Selama Setahun Terakhir
    Suasana PTM di salah satu sekolah di Jawa Timur. Metro TV.



    Surabaya: Jawa Timur (Jatim) menjadi daerah dengan klaster pembelajaran tatap muka (PTM) terbanyak, yaitu 165 klaster covid-19. Hal ini berdasarkan data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

    “Terkait 165 temuan klaster itu sebenarnya adalah data selama satu setengah tahun covid ini masuk, artinya bukan kejadian yang selama satu setengah bulan terakhir ini,” kata Juru Bicara Satgas Kuratif Covid-19 Jatim Makhyan Jibril Alfarabi dalam tayangan Metro Siang, Sabtu, 25 September 2021.

     



    Jibril juga menjelaskan hingga saat ini belum ada laporan terkait ditemukannya klaster PTM di Jatim dalam sebulan terakhir. Selain itu, sebanyak 2,8 persen anak didik yang terkonfirmasi positif covid-19 belum tentu berasal dari sekolah.

    Jibril mengakui lingkungan Sekolah Dasar (SD) memang harus diwaspadai persebaran covid-19. Hal ini dikarenakan vaksinasi untuk anak usia dibawah 18 tahun belum masif. Selain itu, penyebaran covid-19 di sekolah sulit dideteksi berasal dari atau luar sekolah.

    “Penularannya laporan yang banyak itu dari SD, jadi kalau enggak salah itu (penularan) SD 45,97 persen, ini mungkin memang harus diwaspadai,” kata Jibril.

    Jibril menegaskan Jatim berani menggelar PTM karena indikator daerahnya sudah sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota juga diharapkan dapat terus memonitor indikator tersebut. (Widya Finola Ifani Putri)

    (CIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id