Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Terbakar

    Daviq Umar Al Faruq - 27 September 2021 13:40 WIB
    Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Terbakar
    Kondisi gedung Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) di Kota Malang, Jawa Timur, yang terbakar, Minggu 26 September 2021 malam/istimewa.



    Malang: Gedung Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) di Kota Malang, Jawa Timur, terbakar, Minggu 26 September 2021 malam. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

    "Allhamdulillah semuanya dikendalikan dengan baik. Tidak ada yang di dalam gedung dan tidak ada korban jiwa. Segala sesuatu yang berkaitan dengan yang bernyawa tidak ada," kata Dekan FT UB, Hadi Suyono, Senin 27 September 2021.

     



    Titik api diketahui berasal dari ruang laboratorium manufaktur lantai II Jurusan Teknik Industri Fakultas Teknik UB. Kebakaran ini diduga terjadi akibat konsleting listrik sekitar pukul 21.50 WIB. 

    Hadi menambahkan kebakaran ini menyebabkan sejumlah peralatan laboratorium di gedung Fakultas Teknik UB rusak. Yakni 3D printing dan sejumlah peralatan manufacturing. 

    "Namun sampai sekarang kita masih belum  memperkirakan berapa jumlah kerugian materil yang kita dapat akibat kejadian kemarin," ujarnya. 

    Baca: Sempat Dihentikan, Belajar Tatap Muka di Jepara akan Dimulai Lagi

    Awalnya, kebakaran tersebut diketahui oleh seorang mahasiswa yang sedang melintasi gedung tersebut. Kemudian, mahasiswa itu segera melapor kepada satpam di sekitar lokasi dan pada pukul 22.00 WIB satpam menghubungi petugas pemadam kebakaran.

    Gedung Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Terbakar

    Pukul 22.10 WIB tiga mobil pemadam kebakaran (PMK) datang ke lokasi dan langsung melakukan pemadaman diringi dua mobil ambulan dan satu mobil dari PLN. Pada pada pukul 22.20 WIB api berhasil dipadamkan.

    "Sampai saat ini kita masih melakukan investigasi dan untuk tindak lanjut.  kedepannya kami ingin segera melakukan pemulihan gedung tersebut. Hal ini menjadi pembelajaran bagi kami untuk kedepannya," tegas Hadi. 

    Sementara itu, Polsek Lowokwaru Polresta Malang Kota bakal meminta bantuan tim laboratorium forensik (labfor) Polda Jawa Timur (Jatim) untuk menyelidiki kebakaran yang terjadi di gedung Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

    "Sampai saat ini masih dilakukan lidik sebenarnya. Kami akan datangkan labfor untuk pengecekan yang aslinya," kata Kapolsek Lowokwaru, Kompol Suyoto, Senin 27 September 2021.

    Proses pemadaman api tersebut berjalan kurang lebih sekitar satu jam. Suyoto memprediksi kerugian material sementara akibat peristiwa tersebur mencapai Rp1 miliar.

    "Kami masih akan koreksikan. Itu satu ruangan," imbuhnya.


    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id