Gempa Maginitudo 4,8 Guncang Kabupaten Kupang

    Antara - 06 Januari 2021 00:13 WIB
    Gempa Maginitudo 4,8 Guncang Kabupaten Kupang
    ilustrasi Medcom.id
    Kupang: Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,8, mengguncang wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kepala Stasiun Geofisika Kupang, Margiono, mengatakan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 19:56 WITA dengan episenter terletak pada koordinat 10.36 LS dan 123.78 BT.

    Gempa tersebut tepatnya berlokasi di laut pada jarak 42 km arah barat daya Kabupaten Kupang dengan kedalaman 10 kilometer.

    "Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang berdekatan dengan pusat episenter," kata Margiono di Kupang, Selasa, 5 Januari 2021.

    Baca: Gunung Merapi Memasuki Fase Erupsi 2021

    Dia menjelaskan mengenai dampak berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya. "Namun hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami, jelasnya.

    Ia menjelaskan dari hasil pemantauan BMKG hingga pukul 21.30 WITA sudah terjadi empat kali gempa bumi susulan (aftershock). Namun demikian saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

    Margiono pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu terkait dampak tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id