Gempa Mamuju Merusak 153 Sekolah dan 77 Kantor

    Antara - 16 Februari 2021 11:58 WIB
    Gempa Mamuju Merusak 153 Sekolah dan 77 Kantor
    Gedung utama Kantor Gubernur Sulbar yang ambruk akibat diguncang gempa bumi berkekuatan 6, 2 magnitudo pada 15 Januari 2021. ANTARA/Amirullah
    Mamuju: Sebanyak 153 gedung sekolah di Kabupaten Mamuju terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu. 76 bangunan di antaranya dalam kondisi rusak berat, 48 rusak sedang dan 29 rusak ringan serta 77 gedung perkantoran rusak.

    "Sebanyak 76 sekolah yang rusak berat itu, terdiri dari, gedung SD, gedung TK/PAUD masing masing 35 unit serta gedung SMA, SMK dan SMP masing masing dua unit. Sementara, gedung SLB hanya mengalami rusak ringan hingga sedang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat, Muhammad Aksan, di Mamuju, Selasa, 16 Februari 2021.

    Baca: Petugas Lanjutkan Pencarian Korban Longsor di Nganjuk

    Dia menjelaskan gedung SD menjadi sarana pendidikan yang paling banyak mengalami kerusakan yang jumlahnya mencapai 74 unit, kemudian gedung TK/PAUD sebanyak 50 unit, 11 unit gedung SMP, gedung SMK 10 unit, sebanyak enam gedung SMA dan dua unit bangunan SLB.

    Sementara itu setelah dilakukan assesment oleh Dinas PU Sulbar, tercatat 77 bangunan perkantoran di Kabupaten Mamuju yang rusak akibat terdampak gempa, tediri 33 unit kantor lingkup Pemprov Sulbar, 29 instansi vertikal dan 25 kantor lingkup Pemkab Mamuju.

    Aktivitas perkantoran di lingkup Pemprov Sulbar hingga kini masih berlangsung di bawah tenda. Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan menghindari risiko jika terjadi gempa susulan.

    "Aktivitas di bawah tenda juga masih diputuskan sambil menunggu hasil assesment gedung kantor terdampak gempa yang sementara berlangsung. Kami (Dinas PU Sulbar) masih melakukan assesment kondisi perkantoran di Sulbar," jelasnya.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id