comscore

Menhub Sebut Pemprov Sultra Berencana Bangun Pelabuhan di Buton

Insi Nantika Jelita - 19 Maret 2021 01:47 WIB
Menhub Sebut Pemprov Sultra Berencana Bangun Pelabuhan di Buton
Pelabuhan. Foto: Kemenhub
Buton: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajukan usulan pembangunan pelabuhan di Kabupaten Buton. Pelabuhan tersebut bakal menjadi pintu utama distribusi aspal Buton untuk dalam negeri maupun luar negeri.

“Sekitar dua minggu lalu Gubernur Sulawesi Tenggara (Ali Mazi) datang menemui saya untuk menyampaikan usulan pengembangan bandara dan pelabuhan di Sulawesi Tenggara," kata Budi dalam keterangan tertulis, Kamis, 18 Maret 2021.
Menhub mengatakan proyek pembangunan pelabuhan di Kabupaten Buton dapat dilakukan menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Namun, perlu ada komitmen dari pemerintah daerah untuk pembebasan lahannya.

Pemprov Sulawesi Tenggara juga mengusulkan untuk melakukan perpanjangan runway atau landas pacu Bandara Betoambati di Baubau, Buton, dari 1.800 m menjadi 2.000 m. Menurut Budi, pengembangan bandara perlu dilakukan karena ada kebutuhan untuk mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan industri di kawasan Kepulauan Buton.

Baca: Pengusaha Pelabuhan Dorong Pengembangan Booking Online Angkutan Kontainer

Budi mengatakan Pemprov Sulsel sebelumnya juga mengusulkan memperpanjang runway yang saat ini hanya sepanjang 1.200 m menjadi 2.100 m. Hal itu agar bandara dapat didarati pesawat jenis boeing.

Pemprov Sulsel memproyeksikan bandara ini menjadi gerbang utama transportasi udara bagi empat kabupaten di sekitarnya. Yaitu, Bone, Soppeng, Wajo, dan Sinjai.


(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id