Khofifah Resmikan UPTP Dikopukm di Malang untuk Persiapkan SDM UKM

    Daviq Umar Al Faruq - 30 Maret 2021 16:30 WIB
    Khofifah Resmikan UPTP Dikopukm di Malang untuk Persiapkan SDM UKM
    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan secara langsung UPTP Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) Jawa Timur, Selasa, 30 Maret 2021. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq



    Malang: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meresmikan Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) Jawa Timur. UPTP ini terletak di Jalan Raya Ki Ageng Gribig, Kelurahan Madyopuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

    Khofifah mengatakan UPTP Diskopukm ini dikomandani langsung oleh Dinas Koperasi, dan UKM Jawa Timur. Dia berharap UPTP ini menjadi center of excellence dalam penyiapan SDM pelaku koperasi UKM di Jawa Timur.






    "Jawa Timur ini, backbone dari PDRB 56,94 persen adalah dari UKM. Oleh karena itu, kekuatan UKM di Jawa Timur, yang setahun kemarin mengalami pelemasan dan pelemahan, hari ini harus bersama-sama kita mendorong supaya bangkit kembali," kata Khofifah di lokasi, Selasa, 30 Maret 2021.

    Baca: Polri Pastikan Jaga Rumah Warga Sekitar Kilang Balong

    Khofifah menambahkan peresmian ini merupakan sebuah ikhtiar, termasuk melalui virtual business meeting. Hal ini yang telah dilakukan dengan banyak diaspora dari berbagai negara. Bahkan mulai Juni lalu terus dilakukan oleh Pemprov Jatim.

    "Tiga minggu yg lalu, sudah mulai terkirim, satu minggu empat kargo Garuda, produk UMKM. Ini artinya akses market sudah mulai terbangun. Tetap lebih dari itu, bahwa LabKop ini saya berharap akan membangun digitalisasi IT, untuk menyiapkan pelaku UMKM bisa melakukan perdagangan secara online," jelasnya.

    Khofifah mengutip pernyataan pendiri Ali Baba Group, Jack Ma, bahwa pada 2030 mendatang, UMKM akan menguasai 80 persen skala ekonomi dunia, dan 99 persen UMKM akan melakukan perdagangan secara online. Sedangkan 85 persen akan melakukan melalui e-commerce.

    "Artinya apa, ekosistem ini harus berseiring dengan hadirnya labkop ini. Start up di Malang ini tertinggi untuk Jawa Timur. Oleh karena itu, ini akan berseiring dengan e-commerce yang memang harus disiapkan, kemudian pembelajaran secara online harus dikuatkan, bahkan sampai dengan teknis fotografi," bebernya.

    Mantan Menteri Sosial ini menambahkan ada beberapa aplikasi diharapkan bisa terupdate, dan bisa memberikan suplai dari berbagai informasi yang diharapkan, oleh para pelaku UMKM. Pasalnya bila perdagangan dilakuka secara digital itu borderless.

    "Tidak hanya warga Malang, Jawa Timur, tapi bagi siapa saja yang ingin mendapatkan update dari digitalisasi sistem UMKM yang saya harapkan bisa dikuatkan di UPT Pelatihan Koperasi, dan UKM Jawa Timur," ujarnya.


     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id