Populer Daerah, Museum Kartini Virtual Hingga Klaster Baru dari Pemudik di Pati

    Lukman Diah Sari - 22 April 2021 08:00 WIB
    Populer Daerah, Museum Kartini Virtual Hingga Klaster Baru dari Pemudik di Pati
    Salah satu sudut Museum RA Kartini Jepara. (Foto: Medcom.id/ Rhobi Shani)



    Jakarta: Sejumlah berita di daerah pada Rabu, 21 April 2021, menarik perhatian publik. Pertama, muncul klaster covid-19 pemudik awal di Pati, Jawa Tengah. Kemudian terkait imbas pelarangan mudik.

    Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berharap bisa mendapat kompensasi akibat larangan mudik dari pemerintah pusat. Ketiga, ialah peringatan Hari Kartini, pada 21 April, Museum Kartini menyiapkan layanan tur virtual.






    Berikut berita populer di daerah pada Rabu, 21 April 2021:

    1. Gegara Pemudik, Muncul Klaster Covid-19 di Pati

    Klaster penyebaran covid-19 muncul dari pemudik 'colongan' di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sebanyak 39 warga Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus, Pati, terkonfirmasi covid-19 akibat tertular pemudik yang baru kembali dari perantauan.
     
    Puluhan warga Desa Kuryokalangan yang terkonfirmasi covid-19, sebagian dirawat di Ruang Wijaya Kusuma RSUD Soewondo Pati dan sebagian lainnya lakukan isolasi mandiri untuk penyembuhan dan mencegah penyebaran.
     
    Kasus klaster baru covid-19 di Pati itu diduga berasal dari aktivitas mudik dini. Ada warga setempat dari perantauan yakni Jakarta yang pulang kampung ke desa itu.

    Selengkapnya baca di sini.

    2. Organda Temanggung Minta Kompensasi Imbas Larangan Mudik

    Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, berharap pemerintah memberikan kompensasi pada kru angkutan dan bantuan untuk pengusaha jika aturan larangan mudik lebaran diterapkan. Sebab aturan tersebut merugikan mereka.
     
    Ketua DPC Organda Kabupaten Temanggung, Sutrisno, mengatakan, kendati tidak setuju dengan aturan tersebut, namun pihaknya belum mengambil sikap. Pihak DPC masih menunggu arahan DPD Organda Provinsi Jateng.
     
    "Sebetulnya kami menolak dan sangat keberatan. Sebab momen menjelang lebaran biasanya adalah musim ramai untuk angkutan. Hal itu diharapkan menjadi tambahan rezeki bagi pengusaha dan kru angkutan," ujar Sutrisno, Rabu, 21 April 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    3. Museum Kartini Layani Virtual Tur

    Momentum peringatan Hari Kartini, Dinas Paraiwisata dan Kubudayaan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menyiapkan layanan tur virtual Museum Kartini. Video berdurasi 30 menit dapat dinikmati pengunjung dengan koneksi internet.
     
    Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Ida Lestari, mengatakan virtual tur disiapan lantaran selama masa pandemi covid-19 museum ditutup. Virtual tur menyajikan tayangan video tiap sudut ruangan dan semua koleksi di Museum Kartini.
     
    "Secara keseluruhan 30 menit. Tapi khusus di Ruangan Kartini hanya 6 menit,” ujar Ida, Rabu, 21 April 2021.

    Selengkapnya baca di sini.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id