Pemprov Jatim Diminta Tak Abaikan Kasus DBD

    Amaluddin - 23 Juni 2020 18:08 WIB
    Pemprov Jatim Diminta Tak Abaikan Kasus DBD
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: DPRD Jawa Timur mengingatkan Pemprov Jatim agar tak mengabaikan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Di mana jumlah kasus DBD di Jatim mencapai 5.733 kasus, hampir setengah dari kasus positif covid-19 yaitu sebanyak 9.857 kasus.

    "Meskipun Pemprov Jatim tengah fokus pada pandemi covid-19, jangan sampai meremehkan penyakit DBD yang terjadi di daerah-daerah Jatim," kata Anggota DPRD Jatim dari Fraksi PKB, Ahmad Athoillah, saat dikonfirmasi, Selasa, 23 Juni 2020.

    Baca: DBD Jatim Tembus 5.733 Kasus

    Ahmad juga mengajak masyarakat berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit. Menurutnya daya tahan tubuh menjadi tameng utama menangkal berbagai virus, termasuk covid-19.

    "Ketika jumlah kasus infeksi baru lebih sedikit dibandingkan kasus sembuh, itulah kondisi efektif untuk menurunkan angka kasus infeksi BDB," ujarnya.

    Penyemprotan (fogging) lingkungan juga dianggap tak efektif menghambat penyebaran jentik nyamuk malaria, jika tak dibarengi dengan pola hidup bersih serta menjaga kebersihan lingkungan. "Fogging itu sifatnya hanya sementara, karena itu sifatnya hanya menghambat kurva epidemi saja," ungkapnya.

    Oleh karena itu masyarakat harus diberikan pengertian untuk melakukan berbagai upaya pemberantasan sarang nyamuk Aedes Aygpti. Seperti melalui gerakan 3M yakni menguras, membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi, vas bunga, kolam, genangan air.

    Kemudian menutup rapat tempat penampungan air seperti gentong, drum dan bila perlu ember diletakkan dalam posisi terbalik (tengkurap). Terakhir adalah mengubur barang bekas yang dapat menampung sisa air hujan atau genangan air, serta menabur bubuk abate pada tempat penampungan air.

    "Pengendalian nyamuk tak cukup hanya dengan membunuh nyamuk dewasa. Perlu juga antisipasi terhadap larva serta jentik nyamuk, dan ini harus harus dilakukan bersama semua pihak," bebernya.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id