comscore

Warga Malang Diminta Jujur Isi Sensus Penduduk Online

Daviq Umar Al Faruq - 18 Februari 2020 14:17 WIB
Warga Malang Diminta Jujur Isi Sensus Penduduk <i>Online</i>
Petugas mengamati pergerakan sensus penduduk secara online di ruang kendali eksekutif sensus penduduk Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, Senin (17/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidaya
Malang: Wali Kota Malang, Sutiaji, meminta seluruh warga Kota Malang, Jawa Timur, ikut mensukseskan Sensus Penduduk Online 2020. Salah satunya dengan kejujuran saat melakukan pengisian data sensus.

"Kejujuran informan penting. Karena database ini menjadi parameter yang sering saya sampaikan bahasa premis, minor dan mayor ketika kita salah, tidak akurat maka jangan harapkan konklusinya akan benar," kata Sutiaji saat dikonfirmasi, Selasa, 18 Februari 2020.
Sutiaji menjelaskan apabila masyarakat jujur saat melakukan pengisian data sensus online, maka hal itu bisa membuat pekerjaan BPS lebih efisien.

"Bisa menekan cost atau pembiayaan dari BPS dan itu adalah uang rakyat, itu yang pertama. Yang kedua, kalau pakai online harapan kami akan lebih gampang, tidak harus bertemu antara petugas cacah dengan penduduk," jelas Sutiaji.

Sebelumnya jajaran Pemkot Malang menggelar rapat koordinasi (rakor) Satu Data Kependudukan bersama Badan Pusat Statiistik (BPS) Kota Malang di Ruang Sidang Balai Kota Malang, pada 10 Februari 2020. Rakor ini membahas pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020.

Sensus penduduk tahun ini digelar bersamaan dengan 54 negara lain secara serentak. Seperti, Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, Singapura, Malaysia dan lain-lain. Sensus penduduk ini pertama kali digelar pada tahun 1961. Sedangkan tahun ini merupakan sensus penduduk yang ke tujuh kalinya.

Sementara Kepala BPS Kota Malang, Sunaryo, menyebutkan ada dua tujuan utama sensus penduduk tahun ini. Pertama menyediakan data, jumlah, komposisi, distribusi dan karakter menuju satu data kependudukan Indonesia.

"Yang kedua menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan indikator SDGs (Sustainable Development Goals," kata Sunaryo.

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id