PSBB Bogor Berlakukan Denda hingga Rp10 Juta

    Rizky Dewantara - 13 Mei 2020 12:27 WIB
    PSBB Bogor Berlakukan Denda hingga Rp10 Juta
    PSBB di Kota Bogor, Jabar. Medcom.id/Rizky Dewantara
    Bogor: Sanksi sosial dan denda diterapkan bagi pelanggar pada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga di Kota Bogor. PSBB tahap 3 Kota Bogor berlaku mulai hari ini, Rabu, 13 Mei - 26 Mei 2020.

    "Sanksi seperti membersihkan fasilitas umum atau denda Rp50 ribu hingga Rp250 ribu  diberlakukan untuk warga tidak memakai masker di luar rumah dan fasilitas umum," ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya kepada Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 13 Mei 2020.

    Bima menjelaskan, aturan penerapan sanksi tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 37 Tahun 2020 tentang petunjuk teknis pelaksanaan penerapan sanksi pelanggaran PSBB. Pemberian sanksi dilakukan oleh Satpol PP, dengan didampingi TNI dan Polri.

    Baca: PSBB Pulau Jawa, Jateng Manut Pemerintah Pusat

    Sanksi juga berlaku untuk kantor yang tidak dikecualikan dalam PSBB tetap beroperasi. Yakni Berupa sanksi penghentian sementara atau denda Rp1 juta hingga Rp10 juta.

    "Restoran atau rumah makan sejenisnya harus menerapkan layanan dibawa pulang (take away) atau melalui pemesanan online. Bagi yang melanggar dikenakan sanksi penyegelan, denda Rp5 juta hingga Rp10 juta," ungkap Bima.

    Selanjutnya, sanksi lain juga ditujukan bagi perorangan atau korporasi yang melanggar PSBB. Yakni melakukan kegiatan dengan jumlah lebih dari lima orang di tempat atau fasilitas umum.

    "Juga pelanggar pengemudi mobil pribadi yang melanggar jumlah angkut orang maksimal dan atau tidak menggunakan masker," urainya.

    Selain itu, pengendara sepeda motor yang melanggar ketentuan pun diberi sanksi. Pelangagran berupa membawa penumpang dan atau tidak menggunakan masker.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id