Polda Aceh Patroli Udara Antisipasi Masuknya Pengungsi Rohingya

    Fajri Fatmawati - 14 Mei 2020 18:35 WIB
    Polda Aceh Patroli Udara Antisipasi Masuknya Pengungsi Rohingya
    Patroli udara Polairud Polda Aceh memantau pergerakan kapal pengungsi Rohingya. Foto: Istimewa
    Banda Aceh: Direktorat Polisi Air dan Udara (Dirpolairud) Polda Aceh melakukan patroli udara. Patroli memantau langsung pergerakan pengungsi Rohingya agar tidak masuk ke perairan laut Aceh.

    Dirpolairud Polda Aceh Kombes Jemmy Rosdiantoro, mengatakan kegiatan ini berkaitan dengan berkembangnya isu pengungsi Rohingya terombang-ambing di lautan. Kemungkinan besar akan singgah ke Indonesia khususnya wilayah Aceh.

    "Kita melakukan kegiatan patroli udara yang dilakukan di wilayah perairan Banda Aceh, Aceh Besar dan Kabupaten Pidie," kata Jemmy, Kamis, 14 Mei 2020.

    Patroli udara menggunakan satu unit helikopter milik Polairud dengan ketinggian jelajah di tiga ribu lima ratus kaki. Sehingga terlihat jelas bentangan laut, dan hingga saat ini belum di temukannya pengungsi Rohingnya masuk ke perairan Aceh. 

    "Tadi kita sudah patroli dan belum ada kapal pengungsi Rohingya yang mendekati perairan laut Aceh," ujarnya.

    Rencananya, besok Polairud juga akan melakukan patroli laut dari udara di wilayah Bireun, Lhokseumawe dan Aceh Timur. Kegiatan patroli tersebut akan terus dilakukan sekaligus untuk memantau perkembangan situasi banjir saat ini. 

    Sebelumnya ada sekitar 500 orang pengungsi Rohingya yang menggunakan dua unit Kapal motor bertolak menuju Malaysia, berdasarkan informasi dari satgas 125 PPLN Menkopolhukam.

    "Mereka (Rohingnya) menuju ke Malaysia, dan tidak menutup kemungkinan karena satu dan lain hal akan singgah diperairan indonesia khususnya wilayah Aceh," jelasnya.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id