Pemprov Jatim Luncurkan Chatbot Layanan Aduan Covid-19

    MetroTV - 03 April 2020 00:12 WIB
    Pemprov Jatim Luncurkan <i>Chatbot</I> Layanan Aduan Covid-19
    Ilustrasi. MI/RAMDANI
    Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur meluncurkan sebuah akun chatbot di media sosial whatsapp. Masyarakat bisa menggunakan layanan ini untuk mengetahui data covid-19 (korona) terbaru di Jawa Timur. 

    Selain itu, layanan chatbot ini bisa untuk pemeriksaan mandiri covid-19, konsultasi seputar covid-19, hingga melaporkan temuan jika ada warga yang menunjukkan gejala terpapar virus korona. Untuk mengakses layanan ini, penggguna ponsel pintar cukup menyalin tautan 
    'https://infocovid19.jatimprov.go.id/wacovid19'. Kemudian pilih tombol "send" atau kirim.

    Namun jika aplikasi whatsapp sudah terpasang di ponsel pintar, secara otomatis akan masuk dalam chat room akun chatbot Radar Covid Jatim. Setelah itu hanya perlu mengirim pesan otomatis yang tertera dan mengikuti petunjuk selanjutnya.

    Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan layanan ini penting untuk diketahui, disebarkan, dan diakses oleh masyarakat luas. Hal ini agar informasi seputar covid-19 bisa tersosialisasikan dengan baik.

    "Bahkan tidak hanya menyosialisasikan soal korona, tapi masyarakat yang mau konsultasi dan memeriksakan dirinya juga bisa, karena layanan chatbot ini sudah terkoneksi dengan tautan yang kami sediakan," ujar Khofifah di Surabaya, Kamis, 2 April 2020.

    Khofifah berharap kehadiran layanan chatbot ini bisa menyadarkan masyarakat. Masyarakat bisa memluia gerakan mencegah penularan covid-19 di Jawa Timur. 

    "Di chatbot ini semua informasi tersedia, termasuk himbauan kepada masyarakat untuk melakukan social distancing, menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Saya harap masyarakat bisa melakukan itu," jelas Khofifah.



    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id