Sumsel Segera Ekspor 300 Ribu Ton Beras ke Timur Tengah

    Gonti Hadi Wibowo - 04 Februari 2020 14:47 WIB
    Sumsel Segera Ekspor 300 Ribu Ton Beras ke Timur Tengah
    Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Galih Pradipta)
    Palembang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan segera mengekspor 300 ribu ton beras ke negara-negara di Timur Tengah. Rencananya, ekspor beras dilakukan pada Maret 2020.

    “Beberapa negara di timur tengah seperti Mesir akan mulai kita ekspor beras pada Maret, sesuai jadwal panen padi di Sumsel,” kata Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Palembang, Bambang Hesti Susilo, Selasa, 4 Februari 2020.

    Bambang mengatakan ekspor beras merupakan gerakan strategis pemerintah dalam meningkatkan volume ekspor produk pertanian dan turunannya. Program Kementerian Pertanian bahkan telah mendongkrak produksi padi di Sumsel sehingga mencukupi untuk mengekspor beras ke luar negeri. 

    "Kami optimistis ekspor dapat terpenuhi mengingat produksi beras di Sumsel sudah cukup baik," ujarnya. 

    Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan transformasi pertanian telah dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian yang menunjuk Sumsel menjadi provinsi pengekspor beras nasional.

    "Sumsel memang dinobatkan sebagai lumbung pangan nasional meski beberapa tahun lalu sempat mengalami penurunan, sekarang ini sudah kembali meningkat," kata Herman.

    Terkait berapa patokan target untuk diekspor nantinya, pihaknya terlebih dahulu akan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Saat ini hasil produksi pangan di Sumsel sudah mendekati enam juta ton.

    "Beras kita sangat surplus sehingga Sumsel bersyukur telah ditunjuk sebagai provinsi pertama yang ekspor pangan di Indonesia,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id