Banjir yang Melanda Brebes Disebabkan Pendangkalan Sungai

    Kuntoro Tayubi - 08 Februari 2020 14:01 WIB
    Banjir yang Melanda Brebes Disebabkan Pendangkalan Sungai
    Bupati Idza Priyanti meninjau lokasi banjir di Ketanggungan, Brebes, Jawa Tengah, Jumat petang, 7 Februari 2020. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
    Brebes: Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, pada Jumat petang, 7 Februari 2020, juga merendam wilayah Kecamatan Banjarharjo. Sehingga total ada tiga kecamatan terdampak limpahan air sungai akibat hujan lebat selama empat jam.
     
    "Ada tujuh desa terdampak banjir yang tersebar di Kecamatan Ketanggungan, Larangan dan Banjarharjo. Banjir di Ketanggungan akibat luapan Sungai Babakan, sedangkan di Banjarharjo luapan Sungai Kebuyutan," kata Kepala BPBD Kabupaten Brebes, Nuhsy Mansur, saat dikonfirmasi, Sabtu, 8 Februari 2020.

    Hujan deras yang cukup lama mengakibatkan intensitas air dari hulu ke hilir sungai Babakan menjadi tinggi. Akibatnya air meluap dan menggenangi beberapa desa di sepanjang aliran sungai tersebut.

    Di antaranya Desa Ketanggungan, Karangmalang, Baros, Dukuhturi dan Buara (Ketanggungan). Ketinggian banjir antara 40 sampai 100 sentimeter. Sementara di Desa Karangbale, Kecamatan Larangan air yang merendam pemukiman warga akibat limpahan air sungai irigasi Pemali yang kelebihan debit air.

    Selain di Desa Karangbale, Banjir juga merendam Desa Pamulihan dan Desa Siandong, Kecamatan Larangan. Beberapa ruas jalan yang terdampak banjir baik di wilayah Kecamatan Larangan, Ketanggungan maupun Banjarharjo, tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda dua.

    "Sejumlah relawan dari BPBD, PMI, TNI dan Polri sudah dikerahkan untuk membantu para korban. Mereka dievakuasi ke tempat yang lebih aman," jelas Nuhsy.

    Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Pihak BPBD masih melakukan pendataan di lokasi kejadian. Saat ini air sudah berangsur surut sejak pukul 22.00 WIB, dan banjir tidak menggenang lama.

    Sebelumnya banjir akibat luapan Sungai Babakan di wilayah Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, merendam enam desa, Rabu petang, 8 Januari 2019. Hujan lebat yang mengguyur wilayah Brebes bagian tengah ini membuat air sungai meluap menggenangi warga.

    Pemerintah pusat sudah melakukan pekerjaan peninggian tanggul dan normalisasi Sungai Babakan sepanjang kurang lebih 14 kilometer. Pekerjaan tersebut dikerjakan dalam waktu 10 hari. Namun ternyata banjir masih menjadi ancaman warga Ketanggungan dan sekitarnya saat hujan datang di wilayah mereka.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id