Empat Anggota Sindikat Perdagangan Orang Dibekuk

    Hendrik Simorangkir - 18 Maret 2020 23:33 WIB
    Empat Anggota Sindikat Perdagangan Orang Dibekuk
    Polres Metro Tangerang Kota mengungkap pelaku Tindakan Pidana Perdagangan Orang (TPPO). Medcom.id/Hendrik Simorangkir
    Tangerang: Satreskrim Polres Metro Kota Tangerang membekuk empat anggota sindikat perdagangan orang yang telah memakan 16 korban. Empat di antaranya anak di bawah umur.

    "Keempat pelaku yang kami tangkap, salah satunya perempuan. Mereka kami tangkap di dua kontrakan wilayah Kecamatan Tangerang dan Kecamatan Pinang," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Sugeng Hariyanto, Rabu, 16 Maret 2020.

    BEW, 39, RY, 29, DH, 21, dan DMN, 37, menjaring korban melalui sosial media. Mereka mengiming-imingi korban dengan pekerjaan di luar negeri

    "Pelaku untuk menjaring korbannya dengan membuka lowongan pekerjaan melalui media sosial Facebook," katanya.

    DM, DH, dan RY berperan sebagai makelar dan mencarikan calon tenaga kerja untuk diserahkan ke BEW. Sementara, BEW menjadi otak bisnis perdagangan orang ini.

    Perempuan paruh baya tersebut menawarkan lowongan pekerjaan mulai dari asisten rumah tangga hingga sebagai pelayan kafe di luar negeri. Alih-alih dikirim jadi tenaga kerja Indonesia, korban dikirim ke Batam.

    "Korban diimingi gaji Rp1.050.000, uang penjualan minuman alkohol per botol Rp7 ribu, dan jika korban bersedia disetubuhi menerima upah Rp1 juta," kata Sugeng.

    Sugeng menyebut korban berasal dari Tangerang, Lampung, dan Indramayu. Selama bekerja korban dibuatkan kontrak dengan beban utang Rp3-6 juta.

    Keempat pelaku mendekam di tahanan Polres Metro Tangerang Kota. Mereka dijerat Pasal 2 dan atau Pasal 4 dan atau Pasal 10 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindakan Pidana Perdagangan Orang.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id