Diminta Ditunda, Penahbisan Uskup Ruteng Tetap Berjalan

    Palce Amalo - 19 Maret 2020 10:24 WIB
    Diminta Ditunda, Penahbisan Uskup Ruteng Tetap Berjalan
    Upacara penahbisan Uskup Ruteng. MI/Palce Amalo
    Kupang: Penahbisan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat tetap berjalan, hari ini, Kamis, 19 Maret 2020. Penahbisan sebelumnya sempat diminta diundur demi alasan kemanusiaan.

    "Kalaupun tetap dijalankan hari ini, harus terbatas. Menurut saya sebaiknya ditunda sampai batas waktu yang ditentukan pemerintah pusat," kata Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Kupang, Kamis, 19 Maret 2020.

    Rangkaian acara penahbisan sudah berlangsung di Ruteng, Manggarai, NTT, sejak Kamis pagi. Upacara penahbisan diperkirakan dihadiri ribuan orang.

    Acara penahbisan berlangsung di gereja Katedral Ruteng, diawali dengan perarakan imam dan uskup ke altar. Kemudian dilanjutkan upacara pembukaan, liturgi sabda, dan upacara penahbisan.

    Selanjutnya, dilanjutkan dengan liturgi ekaristi yang ditutup dengan berkat penutup oleh uskup baru. Acara penahbisan berlangsung dari pagi hingga siang.

    Baca: Penahbisan Uskup Ruteng Diminta Ditunda

    Sebelumnya, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, telah  berkirim surat kepada kardinal agar menunda acara penasbihan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat demi alasan kemanusiaan. 

    Doni menerangkan korban virus korona terus bertambah. Penyebanya bukan karena pasien positif korona yang telah dirawat, melainkan oleh orang sehat namun menjadi pembawa (carrier) covid-19.

    "Yang bersangkutan berpotensi sebagai penular kepada siapa saja yang berada di sekitarnya," kata Doni, melansir Media Indonesia, Kamis, 19 Maret 2020



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id