Pemkot Bekasi Imbau Warganya Salat di Rumah

    Antonio - 20 Maret 2020 11:40 WIB
    Pemkot Bekasi Imbau Warganya Salat di Rumah
    Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi (paling kanan) saat berbincang dengan MUI Kota Bekasi di kantor Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 20 Maret 2020. DOkumentasi/ Istimewa
    Bekasi: Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi mengimbau warga untuk melakukan salat di rumah sementara waktu. Imbauan itu sebagai salah satu upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran virus korona covid-19.

    Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, telah membahas dan menyepakati kegiatan keagamaan yang sifatnya berkumpul untuk ditunda hingga dua minggu ke depan.

    "Kita menyepakati tadi bahwa kegiatan peribadatan yang diselenggarakan secara bersama-sama di rumah ibadah kita menyepakati untuk ditunda hingga kondisi memungkinkan. Untuk sementara waktu kita lakukan selama dua pekan ke depan. Nanti kita pantau kondisinya dua minggu lagi," kata Rahmat usai bertemu dengan MUI Kota Bekasi, di kantor Wali Kota Bekasi, Jumat, 20 Maret 2020.

    Ketua MUI Kota Bekasi, Mir'an Syamsuri, mengimbau warga Kota Bekasi menghormati keputusan pemerintah bersama MUI terkait penyetopan salat Jumat pada dua minggu ke depan.

    "Sesuai fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 bahwa untuk pelaksanaan ibadah secara berjemaah, untuk saat ini diharapkan agar supaya melaksanakan di kediaman masing-masing," kata Mir'an.

    Mir'an juga mengimbau seluruh ulama dan tokoh agama lain memberi edukasi ke masyarakat agar mengerti akan situasi yang terjadi saat ini.

    "Atas nama MUI kepada seluruh umat Islam yang ada, para tokoh, para ulama, agar supaya menunda setiap kegiatan-kegiatan yang sifatnya jamaah, baik di masjid, di majelis taklim, dan tempat-tempat lainnya, dalam rangka menjaga masyarakat kita, dan agar supaya kita diselamatkan oleh Allah SWT," ungkap Mir'an.

    Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Barat, KH. Ahmad Sidiq, juga mengimbau agar umat muslim untuk menyelenggarakan kegiatan ibadah di rumah dan mentaati keputusan bersama pemerintah dan MUI.

    "Untuk melaksanakan di rumah, karena harus menjaga kesehatan. Ini harus ditaati," kata Sidiq.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id