Kebenaran Informasi Penting Buat Media

    Amir Zakky - 29 Februari 2020 17:53 WIB
    Kebenaran Informasi Penting Buat Media
    Pemimpin Redaksi Metro TV Arief Suditomo bersama sejumlah pimpinan Media Group di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu), Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 29 Februari 2020. Metro TV/ Amir Zakky
    Jombang: Pemimpin Redaksi Metro TV Arief Suditomo menekankan pentingnya kebenaran informasi dalam dunia jurnalistik. Media mempunyai peran penting seiring menjamurnya informasi di media sosial.

    "Salah satu keunggulan dari media mainstream adalah akurasi dan juga pertanggungjawabannya. Itu merupakan salah satu poin yang bisa dijadikan sebagai rujukan bagi mereka yang membutuhkan informasi," kata Arief Suditomo saat menyampaikan kuliah umum kepada santri dan mahasiwa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) di Aula Unipdu, Jombang, Jawa Timur, Sabtu, 29 Februari 2020.

    Arief mengatakan banjirnya informasi di media sosial terbentuk dari perkembangan teknologi. Namun, berbagai informasi yang tersebar di media sosial tidak selalu benar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

    Mahasiswa dan para santri sebegai generasi muda diharap bisa menyikapi hal tersebut dengan cara bijak dan bermanfaat. Ini agar penggunaan media sosial tak salah kaprah. 

    "Banyak perspektif yang sebenarnya bisa mereka dapati. Asal bisa memanfaatkannya dengan baik, terutama bagi mereka yang ingin berkarier di dalam industri ini," jelas Arief.

    Sementara itu, Wakil Rektor Unipdu, Zahrul Azhar As'ad (Gus Hans), mengatakan Metro TV mempunyai peran vital untuk mengedukasi masyarakat. Mahasiswa dan santri perlu diberi pemahaman karena media punya pekerjaan berat mempertahankan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

    "Kecepatan tidaklah menjadi utama tapi yang paling utama kebenaran, ada value tentang nilai-nilai kebaikan yang yang disebarkan. Betapa kuatnya orang media ini berusaha untuk menjaga (kebenaran)," kata Zahrul.

    Kuliah umum mengangkat tema Eksistensi Media Mainstream Dalam Dinamika Media Sosial. Kuliah umum dihadiri Rektor Unipdu Prof Ahmad Zahro, Wakil Rektor Unipdu Zahrul Azhar, hingga para santri yang berada di Pondok Pesantren Darul Ulum.

    Turut hadir Pemimpin Redaksi Medcom.id, Budiyanto; Sales & Marketing Director Metro TV, Meniek Andini; Production and Development General Manager Metro TV, Erwin Setiawan, dan Head of News Research Center Media Group, Ade Alawi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id