Pemerintah Sediakan 105 Bus Gratis di Bali

    Media Indonesia.com - 08 September 2020 13:34 WIB
    Pemerintah Sediakan 105 Bus Gratis di Bali
    Petugas mengemudikan armada bus saat peluncuran layanan Teman Bus di Denpasar, Bali, Senin, 7 September 2020. ANTARA/Fikri Yusuf
    Bali: Kementerian Perhubungan menyediakan layanan bus gratis di Bali untuk melengkapi pelayanan transportasi Trans Sarbagita yang sudah ada sebelumnya. Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, ada empat koridor yang dilalui bus tersebut.

    "Untuk di Bali, kami hadirkan sebanyak 105 unit dan terbanyak dibandingkan Solo maupun Palembang," kata Budi dalam keterangan tertulis, Senin, 7 September 2020.

    Baca: 5 Pejabat Positif Covid-19, Kantor Bupati Cirebon Disterilkan

    Budi mengatakan saat ini masih melayani 1 Koridor terlebih dahulu yakni Koridor 2. Diharapkan koridor 1, 3, dan 4 segera beroperasi penuh pada Oktober 2020.

    Menurutnya bus tipe sedang itu berkapasitas 40 penumpang dengan tipe low entry dan high deck. Bus tersebut juga dilengkapi oleh area untuk penumpang disabilitas berkursi roda.

    "Untuk sementara hingga Desember 2020, penggunaan Teman Bus ini masih gratis," jelas Budi.

    Selanjutnya pemerintah akan lakukan kajian ability to pay di masyarakat sekitar. Budi mengharapkan adanya bus gratis di Bali bisa mengalihkan lebih banyak penumpang ke moda transportasi publik.

    "Kami akan usahakan untuk memberi subsidi jangka panjang hingga 5 tahun ke depan. Program ini adalah sebagai langkah awal implementasi dari program Buy The Service (BTS) yang memberikan subsidi penuh bagi operator dengan fasilitas pendukung di bus yang lebih baik," ujar Budi.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id