comscore

Viral Ratusan WNA Tiongkok dengan APD Lengkap di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi

Hendrik Simorangkir - 08 Juni 2022 18:17 WIB
Viral Ratusan WNA Tiongkok dengan APD Lengkap di Bandara Soetta, Ini Penjelasan Imigrasi
191 WNA asal Tiongkok menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Tangerang: Video berisi keberangkatan ratusan warga negara asing (WNA) asal Tiongkok melalui Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang viral di media sosial. Dalam video tersebut, terdapat suara yang mengomentari terkait pakaian khusus yang dipakai oleh rombongan WNA tersebut.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto mengatakan, rombongan WNA tersebut merupakan warga negara Tiongkok yang akan pulang ke negaranya. 
"Iya benar, kejadiannya pada Minggu (5 Juni 2022), sekitar pukul 11.15 WIB. Terdapat 191 WNA asal Tiongkok yang kembali ke negaranya. Adapun rombongan WNA ini datang dan tinggal di Indonesia dengan menggunakan izin tinggal yang sah, ada yang menggunakan visa kunjungan dan ada yang menggunakan Vitas," ujarnya, Rabu, 8 Juni 2022.

Selain menggunakan izin masuk yang sah, Tito menuturkan, pihaknya memastikan proses pemeriksaan kepulangan ratusan WNA tersebut telah sesuai dengan standar operasional pemeriksaan. Sebanyak 191 WNA Tiongkok itu berangkat meninggalkan wilayah Indonesia 
dengan pesawat Xiamen Airlines dengan nomor penerbangan MF8008 rute Jakarta-Fuzhou. 

"Semua WNA telah melewati pemeriksaan di konter pemeriksaan imigrasi. Artinya proses pemeriksaan telah sesuai," ucap dia.

Baca: Viral, Video Pegawai Kantor Pajak Kota Bekasi Pukul Bawahannya

Terkait dengan pakaian yang digunakan para ratusan WNA Tiongkok tersebut, Tito menjelaskan, itu merupakan bagian dari regulasi Pemerintah Tiongkok, di mana tingkat penyebaran kasus covid-19 di negara tersebut masih cukup tinggi. Sehingga warga yang pulang dari luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan semaksimal mungkin. 

"Saat ini kasus covid-19 di Tiongkok masih cukup tinggi, sehingga sudah menjadi kebiasaan ketika pulang ke negaranya maka mereka cenderung menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Ini bukanlah hal yang baru, dari awal pandemi terjadi warga Tiongkok sudah melakukan hal yang sama," jelasnya.

Tito memastikan, pihaknya terus berkomitmen dalam menjaga kedaulatan negara, semua orang yang melintas keluar dan masuk wilayah Indonesia dipastikan melalui pemeriksaan keimigrasian sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Menjaga pintu gerbang negara Indonesia merupakan amanah yang selalu kami pegang dalam menjalankan tugas di tempat pemeriksaan imigrasi," katanya.



(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id