comscore

Angka Kematian Ibu Melonjak selama Pandemi Covid-19

Media Indonesia.com - 29 Desember 2021 11:34 WIB
Angka Kematian Ibu Melonjak selama Pandemi Covid-19
Ilustrasi-(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Jumlah angka kematian ibu semakin membeludak di masa pandemi covid-19. 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, angka kematian ibu pada 2021 mencapai 6.865 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada 2019 sebanyak 4.197 orang.
Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan mengungkapkan, tiga provinsi yang menjadi penyumbang angka kematian ibu terbanyak ialah Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Dari sini terdapat faktor-faktor yang berkontribusi pada kematian Ibu di Indonesia. Mulai dari akses dan mutu fasilitas kesehatan yang rendah, minimnya pengetahuan dan pendidikan reproduksi, terlambatnya deteksi komplikasi kesehatan, hingga regulasi yang tumpang tindih,” ujar dia, Rabu, 29 Desember 2021.

Untuk menjawab tantangan tingginya angka kematian ibu, Kementerian Kesehatan telah mencanangkan rencana transformasi sistem kesehatan melalui penegakan enam pilar.

Baca juga: Pesta Kembang Api Tahun Baru di Palembang Dilarang

Mulai dari transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transformasi teknologi kesehatan.

Di samping upaya yang dilakukan Kemenkes, pihaknya juga mendorong pendekatan multisektor dalam menurunkan angka kematian ibu.

"Hal-hal yang dilakukan ialah meningkatkan wajib belajar 12 tahun, mencegah perkawinan anak, mengedukasi kesehatan reproduksi untuk remaja dan calon pengantin, hinga meningkatkan kolaborasi antara semua pihak mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama hingga publik figur," jelasnya.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id