Korban Banjir Lebak Akan Dibuatkan Rumah

    Hendrik Simorangkir - 09 Januari 2020 13:37 WIB
    Korban Banjir Lebak Akan Dibuatkan Rumah
    Warga menggunakan perahu karet karena jembatan Sajira yang terputus dihantam banjir bandang di Sajira Barat, Sajira, Lebak, Banten. (Foto: MI/Susanto)
    Tangerang: Gubernur Banten Wahidin Halim akan membangun hunian untuk korban banjir bandang di Kabupaten Lebak. Selama masa penanggulangan bencana, warga terdampak banjir akan ditempatkan di hunian sementara.

    "Sewa rumah sementara sebelum dibangun rumah yang baru menjadi tanggung jawab Pemerintah (Banten). Selanjutnya akan dibangun rumah dan diberikan ganti rugi kepada rumah yang rusak ringan, sedang, dan berat," ujarnya, Kamis, 9 Januari 2020. 

    Wahidin mengatakan penanganan pascabencana khususnya pembangunan hunian tetap bagi para korban banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah wilayah Provinsi Banten, telah dibicarakan dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko-PMK) dan pihak terkait.

    Pihaknya lebih dulu akan melakukan inventarisasi untuk mengukur sisa lahan yang masih dapat digunakan. Andai tak ada lahan yang bisa digunakan, Pemprov Banten dan Pemkab Lebak akan berupaya mencarikannya.

    "Pada dasarnya Pemprov dan Kabupaten Lebak siap untuk menyiapkan lahan yang dibutuhkan," katanya. 

    "Saya sudah membujuk para korban untuk bersedia direlokasi saat pertama kali mengunjungi para pengungsi, khususnya untuk beberapa area permukiman yang berada di zona berbahaya pada alur Sungai Ciberang," sambung dia. 

    Akibat banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten, terdapat 1.410 rumah mengalami kerusakan. Selain itu 19 sekolah, 30 jembatan, dan jalan mengalami kerusakan yang kerugiannya ditaksir mencapai Rp90 miliar.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id