APBD Banten 2020 Fokus Pemerataan Pendidikan

    Hendrik Simorangkir - 12 November 2019 20:21 WIB
    APBD Banten 2020 Fokus Pemerataan Pendidikan
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Tangerang: DPRD dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten membahas postur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2020. Postur APBD 2020 direncanakan akan ada kenaikan sebesar Rp1 triliun menjadi Rp13 triliun dari APBD 2019. 

    Sekda Banten Almukhtabar mengatakan kenaikan tersebut untuk mengcover tujuh program prioritas Gubernur Banten Wahidin Halim, yang salah satunya terkait pemerataan pendidikan.

    "Pendidikan merupakan salah satu program prioritas dari bapak gubernur. Karena itu kami sangat memperhatikan betul lewat penganggaran yang cukup besar ini," kata Almukhtabar saat dikonfirmasi, Selasa, 12 November 2019.

    Belanja gaji pegawai mencapai 20 persen dari total RAPBD 2020, atau sekitar Rp2,5 triliun. Jumlah tersebut berasal dari belanja tidak langsung sebesar Rp2,488 triliun dan belanja langsung sebesar Rp48,2 miliar.

    Sedangkan untuk pagu anggaran pendidikan diusulkan sebesar Rp2.305 triliun. Angka tersebut terbagi dalam belanja tidak langsung sebesar Rp1.142 triliun dan belanja langsung sebesar Rp1.163 triliun.

    Dari pagu anggaran tersebut, Almukhtabar menjelaskan kebutuhan untuk Unit Sekolah Baru (USB) sebesar Rp430 miliar kepada 86 SMKN di delapan kab/kota Banten. Sedangkan dalam hal pembangunan infrastruktur, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan pagu anggaran sebesar Rp782 miliar.

    "Dari pagu anggaran tersebut, pembangunan jalan dan jembatan masih memiliki nilai yang tertinggi," jelas Almuktabar.

    Untuk jalan dan jembatan di Kabupaten Lebak sebesar Rp53 miliar, Kabupaten Pandeglang sebesar Rp53 miliar, Serang dan Cilegon sebesar Rp49 miliar dan wilayah Tangerang sebesar Rp57 miliar.

    "Pada intinya apa-apa yang kami inginkan untuk pencapaian program dalam rangka kesejahteraan masyarakat Banten. Kami duduk bareng untuk mencapai satu kata sepakat," beber Almuktabar.

    Ketua DPRD Banten Andra Soni menambahkan postur anggaran tahun ini tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Sekarang prosesnya sedang berjalan. Terkait apa yang menjadi usulan dari masing-masing komisi akan dibahas bersama hingga menemukan titik kesepakatan.

    "Kami bahas secara maraton. Mudah-mudahan bisa segera difinalisasikan. Karena 19 November paripurna pengesahan RAPBD akan digelar," kata Andra.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id