Curah Hujan Tinggi, Banjir Terjadi di 19 Titik di Jepara

    Rhobi Shani - 26 Januari 2020 15:44 WIB
    Curah Hujan Tinggi, Banjir Terjadi di 19 Titik di Jepara
    Banjir di kawasan Alun-alun Jepara, Jawa Tengah, pada Sabtu malam, 25 Januari 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani
    Jepara: Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pada Sabtu, 25 Januari 2020, mengakibatkan banjir, tanggul jebol, tanah longsor, dan pohon tumbang. Titik banjir tercatat di 19 lokasi. Satu warga meninggal diduga hanyut terbawa arus sungai.

    Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Arwin Nor Isdiyanto, mengatakan tanggul jebol terjadi Desa Bondo Kecamatan Bangsri. Akibatnya banjir menggenangi ratusan hektare area persawahan dan rumah warga dan juga Jalan Kabupaten, Jepara-Bondo.

    "Hujan deras kemarin juga mengakibatkan pohon tumbang dan tanah longsor di Desa Tanjung Kecamatan Pakisaji. Akses jalan desa tertutup material longsoran. Pohon tumbang juga terjadi di Desa Batealit," kata Arwin saat dikonfirmasi, Minggu, 26 Januari 2020.

    Hujan sejak pagi hingga malam kemarin juga mengakibatkan banjir. Ratusan rumah warga Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kota kebanjiran. Ketinggian air di wilayah permukiman mulai 20 sampai 70 centimeter disebabkan air sungai Surodadi meluap.

    "Banjir juga terjadi di Desa Sowan Lord an Kidul Desa Mantingan, Desa Tegalsambi dan di beberapa tempat. Total ada 19 titik banjir tadi malam," jelas Arwin.

    Banjir mulai surut seiring intensitas dan curah hujan berkurang. Saat ini air tidak lagi nampak di jalan-jalan utama di kawasan perkotaan.

    "Jadi banjir tadi malam itu jelas karena curah hujan. Kemudian kalua di desa-desa itu ditambah tanggul jembol dan sumbatan sampah. Kalua di kawasan kota karena rumah pompa belum berfungsi dan daya tamping sungai Wiso berkurang karena adanya pedangkalan," pungkas Arwin.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id