Kenaikan UMK Dinilai Tak Memberatkan Pengusaha Kulon Progo

    Ahmad Mustaqim - 27 Oktober 2019 10:54 WIB
    Kenaikan UMK Dinilai Tak Memberatkan Pengusaha Kulon Progo
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Kulon Progo: Usulan kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) Kulon Progo 2020 dinilai tak jadi masalah bagi pengusaha. Pengusaha setempat merasa dampak kenaikan UMK apabila dilakukan tidak jadi soal. 

    Seorang pengusaha makanan lokal Geblek Pari, Popo Yoda, mengatakan kenaikan upah itu tak akan berdampak pada usahanya. Sistem pengupahan di tempat usaha yang terletak di Kecamatan Nanggulan ini tidak mengacu UMK. 

    "Warung kami tidak menerapkan sistem UMK. Warung kami sistemnya keluarga," kata Popo saat dihubungi, Minggu, 27 Oktober 2019. 

    Popo mengatakan tak ada ketentuan pasti sebagai syarat merekrut tenaga kerja di tempatnya. Menurut dia, pihaknya lebih mengutamakan warga setempat untuk bekerja. 

    Ia memperkirakan 95 persen pekerja merupakan warga setempat. Menurut dia, langkah itu sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat lokal. 

    Pekerja, kata dia, tak harus memiliki keterampilan tertentu. Bahkan, ia menyebut tak perlu mengajukan lamaran. Popo menyebut perekrutan tenaga kerja dilakukan berbasis kekeluargaan. 

    "Tenaga kerja kami .ulai dari ibu-ibu hingga simbah-simbah yang awalnya tidak kerja. Kami malah mengedukasi mereka ke dunia pelayanan warung ini, jadi kalau ngomongin UMK tempat kami tidak," ungkap Popo.

    Popo menambahkan cara yang dilakukan usaha jenis UMKM ini jamak dilakukan. Katanya, pihaknya akan ikut pemberlakuan UMK jika masuk kategori perusahaan. 

    Sebelumnya Dewan Pengupahan Kulon Progo mengajukan kenaikan upah minimum kabupaten (UMK) 2020 sekitar 8,52 persen. Kenaikan UMK diperkirakan pada angka Rp137.283. 

    Usulan ini telah disampaikan kepada Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo. Pengajuan ini juga akan disampaikan kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, akhir bulan ini.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id