51 Persen Dana Keistimewaan DIY untuk Kebudayaan

    Patricia Vicka - 04 Desember 2019 08:31 WIB
    51 Persen Dana Keistimewaan DIY untuk Kebudayaan
    Pengrajin gamelan di rumah produksi gamelan Daliyo, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta. Foto: ANT/Hendra Nurdiyansyah
    Yogyakarta: Pemda DIY akan mendapatkan kucuran Dana Keistimewaan (Danais) 2020 sebanyak Rp1,32 triliun. Danais 2020 sebagian besar dipakai membiayai kebudayaan untuk mengentaskan kemiskinan.

    "Danais 2020 terbagi untuk membiayai keistimewaan DIY yakni urusan kelembagaan, kebudayaan, tata ruang, dan pertanahan. Yang paling banyak untuk urusan kebudayaan, diikuti tata ruang," ujar Paniradya Pati Keistimewaan DIY Beny Suharsono  di Yogyakarta, Selasa 3 Desember 2019.

    Dia merinci kebudayaan mendapat kucuran dana sebesar 51,34 persen atau sekitar Rp677.729.251.100. Dana tersebut dimanfaatkan untuk menyelenggarakan kegiatan kebudayaan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat.

    Pemda DIY memprioritaskan pengucuran dana ke sejumlah desa budaya, desa wisata dan desa tanggap bencana. Dia memastikan pelaku usaha kecil menengah (UMK) di desa tersebut akan diberdayakan melalui danais. 

    "Kami perbanyak acara budaya dan seni di sana. Kami coba link-nya mereka dengan investor, swasta. Supaya ekonominya bergeliat ," jelas dia.

    Anggaran danais untuk tata ruang sebesar 44 persen atau Rp587.027.000. Pembangunan Jalan jalur Lintas Selatan (JJLS) paling banyak menyedot danais di bidang tata ruang. 

    Pemda DIY mengebut pembangunan JJLS di wilayah Gunung Kidul. JJLS akan menghubungkan infrastruktur di wilayah selatan DIY dari Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Bantul sampai Gunung Kidul. 

    "Kalau sudah tersambung infrastruktur di selatan bisa untuk interkoneksi supaya mengembangkan dan menggairahkan perekonomian," bebernya. 

    Dia melanjutkan anggaran untuk pertanahan menyerap 2,57 persen atau Rp33.960.985.000. Terakhir kelembagaan sebesar 1,61 persen atau Rp 21.282.763.900. 



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id