DLHK Depok Minta Warga Berkontribusi Atasi Sampah

    Octavianus Dwi Sutrisno - 24 September 2019 10:15 WIB
    DLHK Depok Minta Warga Berkontribusi Atasi Sampah
    Petugas kebersihan membersihkan tumpukan sampah yang dibuang sembarangan di Taman Jalan Proklamasi, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. (Foto: MI/Bary Fathahilah)
    Depok: Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Jawa Barat, meminta masyarakat ikut aktif dalam penanganan sampah. Persoalan sampah disebut tak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah.

    "Personel kebersihan terbatas sehingga perlu didukung oleh jajaran RT maupun RW dengan mengimbau warganya agar tidak membuang sampah disembarang tempat," ujar Sekdis DLHK Kota Depok H Ridwan, Senin, 23 September 2019.

    Ridwan mengaku pihaknya telah berupaya maksimal untuk mengurangi sampah yang kerap dibuang warga sembarangan. Operasi bersih pun dilakukan terutama di tempat pembuangan sampah ilegal seperti di belakang Pasar Agung, sepanjang jalan Proklamasi, Jalan Juanda, dan di sekitar tol Cijago.

    "Sudah sering sekali kita lakukan operasi bersih, tapi ya begitu sudah dibersihkan besoknya muncul lagi," kata dia.

    Ridwan mengatakan Pemerintah Kota Depok tengah berupaya mempercepat pemindahan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang semula di Kecamatan Cipayung, ke Kecamatan Nambo, Kabupaten Bogor. 

    "Sementara ini kita sudah mengimbau masyarakat agar 'irit' membuang sampah ke TPA hingga nanti resmi pindah. Sekali lagi saya katakan harus bisa memilah (sampah)," tegasnya.

    Selain itu, pihaknya juga menyosialisasikan aturan membuang sampah termasuk sanksi yang bisa dikenakan kepada warga. "Tapi memang di sini butuh kesadaran dari perilaku tidak membuang sampah sembarangan," pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id