comscore

202 Narapidana Beragama Buddha di Kalbar Dapat Remisi Waisak

Antara - 16 Mei 2022 11:40 WIB
202 Narapidana Beragama Buddha di Kalbar Dapat Remisi Waisak
Ilustrasi remisi narapidana. ANTARA/HO
Pontianak: Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Pria Wibawa, mengatakan Sebanyak 202 narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama Buddha mendapat Remisi Khusus Hari Raya Waisak 2022 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar.

"Tahun 2021 hanya 146 WBP yang mendapat remisi khusus Waisak, sedangkan di tahun 2022 terdapat 202 WBP yang mendapat remisi," kata Pria Wibawa dalam keterangan tertulis di Pontianak, Senin, 16 Mei 2022.
Baca: 1.252 Narapidana Buddha Dapat Remisi Waisak

Dia menjelaskan peningkatan yang signifikan ini disebabkan karena jumlah penghuni yang beragama Budha bertambah jumlahnya, yakni tahun ini ada 255 orang WBP beragama Budha.

Menurut dia penghuni lapas dan rutan di seluruh Kalbar per 15 Mei 2022 berjumlah 6.283 orang, yang beragama Budha sebanyak 255 orang, dan yang mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Waisak sebanyak 202 orang.

"Selain itu, 202 orang WBP tersebut, telah memenuhi persyaratan sesuai ketentuan yang diatur dalam Permenkumham no. 7 tahun 2022 tentang Tata Syarat Pemberian Hak-hak bagi Warga Binaan Pemasyarakatan," jelasnya.

Menurut dia berdasarkan ketentuan untuk bisa mendapatkan remisi, seorang WBP harus memenuhi persyaratan di antaranya, yakni dokumen yang terdiri dari kutipan vonis dari pengadilan dan berita acara eksekusi dari kejaksaan sudah lengkap, kemudian telah menjalani masa pidananya minimal enam bulan.

Selain itu, para WBP yang mendapat remisi, yakni tidak melanggar tata tertib dan dijatuhi hukuman disiplin, dan menunjukkan perilaku yang baik dan mendapat nilai baik berdasarkan sistem penilaian pembinaan narapidana.

Adapun besaran Remisi Khusus Hari Raya Waisak yang diberikan antara 15 hari hingga paling banyak dua bulan, katanya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id