comscore

Idulfitri di Aceh Berbeda Karena Sebagian Warga Masih Berpuasa

Antara - 02 Mei 2022 07:42 WIB
Idulfitri di Aceh Berbeda Karena Sebagian Warga Masih Berpuasa
Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, H Ramli MS. (FOTO ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)
Meulaboh: Pemerintah Kabupaten Aceh Barat memastikan perayaan Idulfitri 1443 Hijriyah pada 2022 ini masih berbeda dengan keputusan pemerintah, karena sebagian masyarakat di wilayah pantai barat Provinsi Aceh, hingga Senin, 2 Mei 2022, masih ada yang melaksanakan ibadah puasa bulan suci Ramadan.

"Ada perbedaan perayaan Idulfitri 1443 Hijriyah pada tahun 2022 ini, tapi hal tersebut adalah lumrah," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS, di Meulaboh, Ahad, 1 Mei 2022.
Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tetap melaksanakan perayaan Idulfitri 1443 Hijriyah pada Senin, 2 Mei 2022, dan menggelar salat id yang dipusatkan di halaman Masjid Agung Baitul Makmur Meulaboh.

Keputusan tersebut diambil setelah Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama Kementerian Agama setempat bersama kalangan ulama dan unsur terkait melakukan pengamatan rukyatul hilal di kawasan Desa Suak Geudeubang, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat pada Ahad petang.

Baca juga: Pemkot Padang Salat Idulfitri di Air Pacah

Bupati Ramli MS mengatakan perayaan Idulfitri pada tahun ini tetap mengikuti keputusan pemerintah. Meski demikian, ia memaklumi ada masyarakat yang masih melaksanakan ibadah puasa Ramadan pada Senin dan akan merayakan Idulfitri 1443 Hijriyah pada Selasa, 3 Mei 2022.

Ia mengatakan perbedaan perayaan Idulfitri 1443 Hijriyah di kalangan masyarakat Aceh adalah hal yang lumrah terjadi di tengah-tengah masyarakat setempat.

"Kami berharap perbedaan perayaan hari besar agama umat Islam tersebut semakin meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat di Tanah Air," jelas Ramli MS.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id