comscore

KAI Daop 9 Jember Hapus Aturan Tes Covid-19

MetroTV - 19 Mei 2022 11:41 WIB
KAI Daop 9 Jember Hapus Aturan Tes Covid-19
Tangkapan layar Metro TV
Jember: KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur (Jatim), menghapus aturan wajib tes covid-19, baik swab antigen maupun PCR. Kebijakan tersebut berlaku bagi calon penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi minimal dosis kedua. 

Bagi penumpang yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama tetap harus tes. Yakni, menyertakan hasil swab antigen yang berlaku 1x24 jam atau PCR yang berlaku 3x24 jam.
"Pelanggan kereta api yang sudah vaksin lengkap, vaksin dua atau booster, sudah tidak lagi dipersyaratkan untuk menyertakan hasil dari rapid test antigen maupun swab PCR,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Tohari, dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 19 Mei 2022.

Bagi penumpang yang belum mendapatkan vaksinasi sama sekali karena alasan medis, diwajibkan menyertakan surat keterangan dari dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil tes negatif covid-19. Penumpang yang berusia di bawah 6 tahun tidak diwajibkan untuk vaksinasi maupun menunjukkan hasil tes covid. 

"Namun, harus ada pendamping yang memenuhi kriteria perjalanan," kata Tohari.

Baca: Aturan Baru Penerbangan Domestik, Tak Wajib PCR dan Antigen

Pelonggaran aturan wajib tes covid ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19. Aturan tersebut diberlakukan mengingat kasus covid-19 di Indonesia yang semakin melandai. 

Meski demikian, selama menempuh perjalanan penumpang tetap diwajibkan menggunakan masker. (Hana Nushratu)


(UWA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id